HUBUNGAN ANTARA PERILAKU SELF-TALK DENGAN GENERALIZED SELF EFFICACY PADA MAHASISWA
Yonathan Prajogi, Lavenda Geschica, S. Psi., M.A.
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Penelitian mengenai perilaku self-talk dan dampaknya pada manusia sudah banyak dilakukan pada bidang olahraga. Akan tetapi, penelitian mengenai perilaku self-talk belum banyak dilakukan pada bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana generalized self efficacy sebagai salah satu kemampuan yang diperlukan bagi mahasiswa dapat dipengaruhi oleh perilaku self-talk. Penelitian ini melibatkan 103 individu berusia 18 - 23 tahun yang berpartisipasi dengan mengisi kuesioner secara online menggunakan instrumen Self-Talk Scale (STS) dan New General Self-Efficacy Scale (NGSE). Hasil dari analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh positif yang lemah dari perilaku self-talk terhadap generalized self efficacy pada mahasiswa. Penelitian selanjutnya diperlukan untuk mengetahui bagaimana perilaku self-talk dapat mempengaruhi kemampuan self-efficacy mahasiswa.
While research on the behavior and impact of self-talk has been done a lot in the world of sport psychology, minimal research has been done in the academic setting. This research aims to explore how generalized self efficacy, which is one of the necessary skills needed for college students, is affected by self-talk behavior. Participants were 103 individuals aged 18 - 23 who participated by filling online questionnaires, using Self-Talk Scale (STS) and New General Self Efficacy Scale (NGSE). Results from regression analysis indicate that self-talk behavior significantly affects self-efficacy among college students, with weak effect size. Further researches should be done to know how the behavior of self-talk can effect self-efficacy on college students.
Kata Kunci : self-talk, efikasi diri, mahasiswa