Laporkan Masalah

Pengembangan Aplikasi Mobile (Android) WeGo untuk Mendukung Acara Bersepeda/Wisata Bersama

Tsalis Amalia, Prof. Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D.; Iswandi, S.T., M.Eng.

2024 | Skripsi | TEKNOLOGI INFORMASI

Bersepeda atau gowes merupakan salah satu olahraga ringan yang ramai diminati. Dalam kegiatan gowes dimungkinkan adanya hambatan yang mengganggu. Seperti terjadinya ketersesatan atau tertinggal jika gowes dilakukan secara bersama-sama. Kasus tertinggal dalam kegiatan gowes bisa merugikan jika tidak segera diketahui oleh rekan rombongannya. Seorang anggota yang tertinggal rawan tersesat atau salah rute jika tertinggal sangat jauh dan terkendala menghubungi anggota lain.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi android untuk mendukung kegiatan gowes. Fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah mampu mendeteksi lokasi pengguna dan dipantau secara realtime oleh seorang leader. Setiap pengguna diminta untuk memberikan akses lokasi ke sistem agar bisa disimpan dan diolah sehingga semua anggota rombongan gowesnya bisa mengetahui keberadaannya. Data lokasi ini juga diperbarui secara realtime menyesuaikan dengan perpindahan pengguna. Jika kemudian ditemukan anggota yang tertinggal, maka dikirimkan suatu notifikasi ke anggota yang tertinggal.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi WeGo dengan fitur utamanya adalah sharing location. Setelah dilakukan pengujian dengan mengadakan kegiatan gowes pada 2 orang, diperoleh kesimpulan bahwa semua fitur aplikasi WeGo sudah dapat berjalan dan membantu dalam kegiatan gowes bersama.

Gowes is a light sport that liked by many people. In cycling activities, its posibble to be somethig wrong. Such as getting lost or left behind if cycling done together. Being left behind in cycling can be harmful if its not immediatley known to his groups. A member who left behind can be getting lost or on the wrong route if he is so far behind and can't to contact other member.

The purpose of this research is to develope an android application to help cycling activities. The main feature of this application is able to detect user's location that monitored by a leader in realtime. Each user will be asked to give a location permission to system so all members can know all location of the members. This location will be stored in database and updated in realtime according to user movements. If members are found to be left behind, a notification will be sent.

The result of this research is an android application WeGo with the main feature is sharing location. After testing that done by 2 people, it was conclude that all features of WeGo were able to work and would be more helpful in group cycling activities.

Kata Kunci : aplikasi android, layanan berbasis lokasi, context awareness, kegiatan bersepeda, google firebase.

  1. S1-2024-444075-abstract.pdf  
  2. S1-2024-444075-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-444075-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-444075-title.pdf