Laporkan Masalah

PENGARUH REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK, OPINI AUDIT, DAN JUMLAH ANGGOTA KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG

FRANDHITYAS ADIYATMA, Singgih Wijayana S.E., M.Si., Ph.D.

2024 | Skripsi | AKUNTANSI

Laporan keuangan disebut berkualitas jika andal, relevan, dapat dipahami, dan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas laporan keuangan dengan meninjau ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan auditan. Penelitian ini meninjau bagaimana pengaruh reputasi kantor akuntan publik, opini audit, dan jumlah komite audit terhadap audit report lag. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang bergerak pada sektor barang konsumen non-primer yang menerbitkan laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 – 2021. Penelitian ini menggunakan 89 perusahaan sektor barang konsumen non-primer sebagai sampel dan menghasilkan 267 data observasi. Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi berganda serta melaksanakan uji homoskedastisitas, multikoleniaritas, dan autokorelasi sebagai pengujian kelayakan model. Penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi kantor akuntan publik, opini audit, dan jumlah anggota komite audit secara simultan berpengaruh terhadap audit report lag. Reputasi kantor akuntan publik dan jumlah anggota komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Sementara opini audit berpengaruh signifikan terhadap audit report lag.

Financial reports are said to be quality if they are reliable, relevant, understandable and timely. This research aims to analyze the quality of financial reports by reviewing the timeliness of submission of audited financial reports. This research reviews the influence of the reputation of a public accounting firm, audit opinion, and the number of audit committees on audit report lag. The population in this study are all companies operating in the non-primary consumer goods sector that published financial reports on the Indonesia Stock Exchange in 2019 - 2021. This research used 89 companies in the non-primary consumer goods sector as samples and produced 267 observation data. This research uses multiple regression analysis tests and carries out homoscedasticity, multicollinearity and autocorrelation tests to test the feasibility of the model. This research shows that the reputation of a public accounting firm, audit opinion, and the number of audit committee members simultaneously influence audit report lag. The reputation of the public accounting firm and the number of audit committee members do not have a significant effect on audit report lag. Meanwhile, audit opinion has a significant effect on audit report lag.

Kata Kunci : audit report lag, reputasi kantor akuntan publik, opini audit, jumlah anggota komite audit

  1. S1-2024-426530-abstract.pdf  
  2. S1-2024-426530-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-426530-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-426530-title.pdf