ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA MINAT BELI BERAS PORANG DENGAN PENDEKATAN EXTENDED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (E-TPB)
Amalia Widya Annisa, Ibnu Wahid Fakhrudin Aziz, S.T.P., MT.; Ir. Suharno, M.Eng., M.Eng.Sc.
2024 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
Beras porang merupakan beras tiruan yang terbuat dari
umbi porang sebagai pengganti beras padi yang baik karena kandungan glukomanan dengan berbagai
manfaat kesehatan. Beras porang juga menjadi salah satu
produk yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia menjadi produk
unggulan melalui Kementrian Pertanian. Namun, pemasaran beras porang di Indonesia
masih terbatas dan penelitian terkait pemasaran dan perilaku konsumennya di
Indonesia juga masih terbatas. Sehingga, dilakukan penelitian ini dengan tujuan
untuk mengetahui karakteristik responden terhadap minat beli beras porang,
faktor yang mempengaruhi minat beli beras porang, dan rekomendasi strategi
pemasaran berdasarkan hasil penelitian.
Analisis pada
penelitian ini menggunakan uji chi-square untuk menganalisis hubungan
karakteristik responden dengan minat beli dan analisis Partial Least Square-Structural Equation Modelling (SEM-PLS) untuk menganalisis faktor E-TPB yang mempengaruhi minat beli. Metode
pengambilan sample menggunakan non probability
sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini memperoleh 112
responden yang berisi 66 orang pernah mengonsumsi dan 46 orang belum pernah
mengonsumsi beras porang.
Hasil penelitian
menunjukan bahwa pengetahuan dan status responden
sedang diet kalori merupakan karakteristik utama responden mempengaruhi minat
beli beras porang. Variabel yang mempengaruhi minat beli beras porang secara
langsung adalah norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku. Variabel ketersedian produk
mempengaruhi secara tidak langsung terdahap minat beli beras porang melalui
variabel presepsi kontrol perilaku. Variabel presepsi kontrol perilaku yang
paling mempengaruhi minat beli beras porang dengan nilai t-statistic
5,227 > 1,96. Rekomendasi masukan strategi pemasaran yang dapat dilakukan
pelaku usaha yaitu memberikan label atau keterangan rendah kalori dan tinggi
serat pada kemasan dan media promosi mereka, memperluas jaringan mitra dengan toko ritail yang sering dikunjungi masyarakat seperti minimarket
atau supermarket nasional dan lokal, serta memaksimalkan penjualan menggunakan e-commerce.
Porang rice is artificial rice made from porang
tubers as a good substitute for rice because it contains glucomannan with
various health benefits. Porang rice is also one of the products being
developed by the Indonesian government to become a superior product through the
Ministry of Agriculture. However, marketing of porang rice in Indonesia is
still limited and research related to marketing and consumer behavior in
Indonesia is also still limited. So, this research was carried out with the aim
of finding out the characteristics of respondents regarding their interest in
buying porang rice, factors that influence their interest in buying porang
rice, and recommendations for marketing strategies based on the research
results.
The analysis in this study uses the chi-square test
to analyze the relationship between respondent characteristics and buying
interest and Partial Least Square-Structural Equation Modeling (SEM-PLS)
analysis to analyze the E-TPB factors that influence buying interest. The
sampling method uses non-probability sampling with purposive sampling
technique. This research obtained 112 respondents, of which 66 people had ever
consumed and 46 people had never consumed porang rice.
The research results show that the knowledge and
status of respondents who are on a calorie diet are the main characteristics of
respondents influencing their interest in buying porang rice. Variables that
directly influence interest in buying porang rice are subjective norms and
perceived behavioral control. The product availability variable indirectly
influences the interest in buying porang rice through the perception and
behavior control variable. The perception and behavior control variable most influences
the interest in buying porang rice with a t-statistic value of 5.227 > 1.96.
Recommendations for marketing strategy input that business actors can implement
include providing labels or information about low calories and high fiber on
their packaging and promotional media, expanding their partner network with
retail stores that are frequently visited by the public, such as national and
local minimarkets or supermarkets, and maximizing sales using e- commerce.
Kata Kunci : beras porang, minat beli, pemasaran, theory of planned behavior