Laporkan Masalah

Nilai-Nilai Bushido dalam Shorinji Kempo Studi Kasus Kenshi Daerah Istimewa Yogyakarta

Aninditha Savitri, Lili Febriyani, S.S., M.Si

2024 | Skripsi | SASTRA JEPANG

Bushido, kode etik yang dikembangkan sejak abad ke-16, menekankan kepatuhan, keterampilan, disiplin diri, pengorbanan, keberanian, kehormatan, penghematan, kebaikan, kejujuran, dan kepedulian terhadap anggota keluarga. Meskipun samurai telah menghilang, cara hidup seorang pejuang (bushido) masih dipraktikkan dalam masyarakat Jepang dan dunia internasional. Tujuh kode etik bushido terdiri dari kebajikan, rasa hormat, keberanian, kehormatan, kasih sayang, kejujuran, dan kesetiaan. Nilai-nilai ini dipertahankan melalui pengajaran langsung dan seni bela diri. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai bushido yang dimiliki oleh para atlet beladiri Shorinji Kempo, khususnya pada kenshi di setiap Kabupaten dan Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Yogyakarta). Penelitian ini akan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi literatur untuk pengumpulan data. 

Pada hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa nilai-nilai bushido diajarkan kepada para kenshi tanpa memandang usia dan tingkatan sabuk, dimulai dari enam sikap dasar dalam berlatih. Nilai-nilai ini diterapkan tidak hanya di dojo tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa para pelatih di D.I.Yogyakarta memprioritaskan etika dan sopan santun kepada para atlet. Oleh karena itu, nilai-nilai bushido diajarkan kepada para kenshi yang berlatih Shorinji Kempo, karena nilai-nilai tersebut secara signifikan mempengaruhi prestasi mereka. Nilai-nilai ini juga dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari sehingga menumbuhkan pola pikir yang positif bagi para atlet.

Bushido, a code of conduct developed since the 16th century, emphasizes obedience, skill, self-discipline, self-sacrifice, courage, honor, frugality, kindness, honesty, and care for family members. Despite the disappearance of samurai, the way of the warrior (bushido) is still practiced in Japanese society. The seven bushido codes of conduct consist of benevolence, respect, courage, honor, compassion, honesty, and loyalty. These values are maintained through direct teaching and martial arts.

This research aims to explore the bushido values possessed by Shorinji Kempo martial arts athletes, particularly in kenshi in each Regency and City in the Special Region of Yogyakarta (D.I.Yogyakarta). The study will use interviews, observation, and literature review for data collection.

The bushido values are taught to kenshi regardless of age and belt level, starting with six basic attitudes towards training. These values are applied not only in the dojo but also in everyday life.

The study reveals that coaches in D.I.Yogyakarta prioritize ethics and manners over talent in athletes. Bushido values are crucial for kenshi, especially those selected for competition, as they significantly impact their performance. Some coaches exclude kenshi with poor ethics from representing their region. Therefore, bushido values are taught to kenshi practicing Shorinji Kempo, as they significantly impact their achievements. These values are also incorporated into everyday life, both during matches and in everyday life, fostering a positive mindset for athletes.

 

Kata Kunci : atlet, bela diri, bushido, kempo / athlete, martial art, bushido, kempo

  1. S1-2024-430977-abstract.pdf  
  2. S1-2024-430977-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-430977-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-430977-title.pdf