Laporkan Masalah

Exploring Teachers' Growth Mindset in Indonesia: Promotive Factors, Maintenance, and Challenges in Implementation

Irene Maura Carmelia, Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D.

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Growth mindset atau pola pikir berkembang meyakini bahwa kepintaran dan keahlian lain adalah hal yang dapat dikembangkan melalui usaha. Pola pikir ini sangat penting di bidang pendidikan. Tetapi, intervensi pola pikir berkembang bagi siswa sangat bergantung pada pola pikir berkembang guru. Banyak riset sudah mendiskusikan terkait aplikasi pola pikir berkembang di bidang pendidikan. Namun, diskusi terkait faktor yang mendasari pola pikir berkembang guru masih sangat terbatas. Oleh karena itu menggunakan studi kasus kualitatif, studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor pendukung, usaha untuk mempertahankan, dan tantangan dari praktik pola pikir berkembang guru. Data dari penelitian ini diperoleh dari 3 guru, kepala sekolah dan siswa dari 3 tipe sekolah berbeda di Indonesia. Hasilnya menunjukkan faktor penunjang internal dan eksternal, langkah yang dapat ditempuh oleh guru dan tantangan yang dihadapi pada prosesnya. 

A growth mindset is the belief that intelligence and other attributes can be improved through effort. This mindset is very crucial in education. Growth mindset intervention for students more or less relies on teachers' growth mindset. Previous studies have explored the application of a growth mindset in education. However, the factors underlying and maintenance of teachers' growth mindset were still limited. Therefore, using a qualitative case study method this research aimed to explore the promotive factors, efforts to maintain, and challenges of teachers' growth mindset practice. The data from this study were obtained from interviews with teachers, school principals, and students from 3 different types of schools in Indonesia. The result depicted internal and external promotive factors of teachers' growth mindset, nurutring actions that could be taken by teachers, and challenges that teachers faced a long the way. 

Kata Kunci : pola pikir berkembang, pola pikir berkembang pada pendidikan, pola pikir guru, growth mindset, growth mindset in education, teachers' mindset

  1. S1-2024-454567-abstract.pdf  
  2. S1-2024-454567-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-454567-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-454567-title.pdf