Laporkan Masalah

Analisis Kompetensi Inti Berdasarkan Perspektif Sumber Daya Pada PT. Ardhana Utama Sejahtera

Albi Quthb, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Perusahaan dalam bidang konstruksi merupakan jenis usaha dibidang ekonomi yang berhubungan dengan perencanaan atau pelaksanaan dan pengawasan suatu kegiatan konstruksi untuk membentuk, membangun dan memperbaiki suatu bangunan. Dalam dunia konstruksi terdapat tren peningkatan penggunaan produk aluminium dalam proyek konstruksi modern yang sejalan dengan tren keberlanjutan dan ramah lingkungan. Pasar aluminium di Indonesia menunjukkan potensi pertumbuhan yang besar. Pertumbuhan ekonomi yang stabil, urbanisasi yang tinggi dan faktor lain mendorong peluang untuk produk aluminium yang memiliki berbagai keunggulan. PT. Ardhana Utama Sejahtera sebagai salah satu pemain pada industri ini membutuhkan strategi yang tepat diperlukan untuk memanfaatkan peluang ini.

Dalam penelitian ini, digunakan alat analisis Resource Based View, Resource Appraisal, Analisis VRIO, dan Analisis Core Competence untuk mengidentifikasi dan menganalisis Kompetensi Inti yang diterapkan oleh PT. Ardhana Utama Sejahtera dengan mengacu kepada sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan dan saran yang bermanfaat bagi perusahaan sejenis, khususnya PT. Ardhana Utama Sejahtera dalam menghadapi persaingan di industri konstruksi aluminium.

Hasil Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam mengenai kompetensi inti perusahaan yang efektif dalam perusahaan ini yakni Reputasi Baik dan Brand Awareness hal ini untuk membantu PT. Ardhana Utama Sejahtera memperoleh pandangan yang lebih jelas tentang bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan bisnis mereka dan bersaing dengan pesaing dalam industri yang kompetitif.

A company in the construction sector is a type of business in the economic field that deals with planning or implementing and supervising a construction activity to form, build and repair a building. In the construction world, there is an increasing trend of using aluminum products in modern construction projects in line with the trend of sustainability and environmental friendliness. The aluminum market in Indonesia shows great growth potential. Stable economic growth, high urbanization and other factors drive opportunities for aluminum products that have various advantages. PT Ardhana Utama Sejahtera as one of the players in this industry needs an appropriate strategy to capitalize on this opportunity.

In this research, Resource Based View, Resource Appraisal, VRIO Analysis, and Core Competence Analysis tools are used to identify and analyze the Core Competence applied by PT Ardhana Utama Sejahtera with reference to the resources owned by the company. This research aims to provide useful guidance and suggestions for similar companies, especially PT Ardhana Utama Sejahtera in facing competition in the aluminum construction industry.

The results of this study provide an in-depth insight into the company's core competencies that are effective in this company, namely Good Reputation and Brand Awareness, this is to help PT Ardhana Utama Sejahtera gain a clearer view of how companies can take advantage of existing opportunities to grow their business and compete with competitors in a competitive industry

Kata Kunci : Core Competence, Resource Based View, Resource Appraisal, VRIO Analysis.

  1. S2-2023-500579-abstract.pdf  
  2. S2-2023-500579-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-500579-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-500579-title.pdf  
  5. S2-2024-500579-abstract.pdf  
  6. S2-2024-500579-bibliography.pdf  
  7. S2-2024-500579-tableofcontent.pdf  
  8. S2-2024-500579-title.pdf