Laporkan Masalah

Dinamika Koordinasi Antar Kepala Daerah, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan Dalam Menanggulangi Covid-19 di Kabupaten Majalengka Tahun 2021-2022

Intan Widjayanty Sugintak, Mahesti Hasanah S.I.P, M.A

2024 | Skripsi | ILMU PEMERINTAHAN

Fokus kajian ini membahas mengenai dinamika koordinasi antar instansi yang ada di Kabupaten Majalengka untuk menanggulangi Covid-19. Instansi tersebut meliputi Kepala Daerah, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan yang berusaha menanggulangi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang fokus mengulas kebijakan dan kinerja Kepala Daerah, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan dalam hal sosial, ekonomi maupun politik. Dari kinerja tersebut bisa melihat bagaimana konstelasi koordinasi yang dilakukan oleh para instansi terkait untuk tujuan yang sama dalam tugas dan fungsinya menanggulangi Covid-19. Maka pengumpulan data berupa wawancara dengan pihak yang terkait seperti instansi dan masyarakat.   

The focus of this study discusses the dynamics of coordination between agencies in Majalengka Regency to tackle Covid-19. These agencies include Regional Heads, Social Services and Health Services which are working to tackle Covid-19. This research is qualitative research using a case study method which focuses on reviewing the policies and performance of Regional Heads, Social Services and Health Services in social, economic and political matters. From this performance, it can be seen how the constellation of coordination is carried out by the relevant agencies for the same purpose in the tasks and functions of dealing with Covid-19. So data collection takes the form of interviews with related parties such as agencies and the community.

Kata Kunci : Politik-koordinasi, konstelasi politik, pelayanan publik

  1. S1-2024-430815-abstract.pdf  
  2. S1-2024-430815-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-430815-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-430815-title.pdf