Gambaran Kepuasan dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Keperawatan dalam Menggunakan Aplikasi Smart-PASIVIK
NUR PUTRI MADANY, Ariani Arista Putri Pertiwi, S.Kep., Ns., MAN., DNP; Martina Sinta Kristanti, S.Kep., Ns., M.N., Ph.D
2024 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN
Latar belakang: Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) FK-KMK UGM mengembangkan metode pembelajaran simulasi pasien virtual bernama Smart-PASIVIK. Smart-PASIVIK merupakan aplikasi berbasis web yang menampilkan skenario kasus untuk mengasah kemampuan ketepatan mengkaji pasien, menegakkan diagnosa keperawatan, dan menetapkan rencana asuhan keperawatan.
Tujuan: Penggunaan Smart-PASIVIK di Indonesia masih baru sehingga perlu dilakukan uji coba efektivitas dengan menilai kepuasan dan kepercayaan diri mahasiswa dalam menggunakan aplikasi.
Metode: Mahasiswa PSIK FK-KMK UGM (n=160) direkrut untuk menggunakan Smart-PASIVIK dalam studi one-group posttest only. Instrumen Student Satisfaction and Self-Confidence in Learning yang dikembangkan oleh National League for Nursing digunakan untuk mengukur variabel. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai kepuasan dan kepercayaan diri mahasiswa pada tiap-tiap komponen item. Analisis perbandingan dilakukan untuk mengetahui perbedaan kepuasan dan kepercayaan diri mahasiswa berdasarkan karakteristik responden.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya tingkat kepuasan (mean=21,81) dan kepercayaan diri (mean=34,08) mahasiswa dalam menggunakan Smart-PASIVIK. Tidak ditemui perbedaan signifikan (p>0,05) tingkat kepuasan dan kepercayaan diri baik antara mahasiswa laki-laki dan perempuan maupun antara mahasiswa yang sudah pernah dan belum pernah menggunakan Smart-PASIVIK sebelumnya. Terdapat perbedaan signifikan (p<0>
Kesimpulan: Pembelajaran asuhan keperawatan menggunakan Smart-PASIVIK layak digunakan karena menghasilkan tingkat kepuasan dan kepercayaan diri dalam belajar yang baik bagi mahasiswa. Selain itu, pengembangan lebih lanjut diperlukan terutama untuk memudahkan mahasiswa dalam menguasai isi simulasi.
Background: School of Nursing (PSIK) FK-KMK UGM developed a virtual patient simulation platform called Smart-PASIVIK. Smart-PASIVIK is a web-based application that displays case scenarios to hone students’ ability to accurately assess patients, establish nursing diagnoses, and determine nursing care plans.
Objective: The use of Smart-PASIVIK in Indonesia is still new so it is necessary to carry out effectiveness trials by assessing students’ satisfaction and confidence in using the application.
Methods: Undergraduate nursing students (n=160) were recruited to use the Smart-PASIVIK in a one-group posttest only design study. Student Satisfaction and Self-Confidence in Learning instruments developed by the National League for Nursing was used to measure the variables. The data was analyzed using descriptive analysis and comparison statistical analysis was used to see the different descriptions between demographic groups.
Results: The research results show a level of satisfaction (mean=21.81) and self-confidence (mean=34.08) of students in using Smart-PASIVIK. There were no significant differences (p>0.05) in the level of satisfaction and self-confidence between male and female students or between students who had and had not used Smart-PASIVIK before. There is a significant difference (p<0>
Conclusion: Nursing care learning using Smart-PASIVIK is suitable for use because it produces a good level of satisfaction and confidence in learning for students. Apart from that, further development is needed, especially to make it easier for students to master the simulation content.
Kata Kunci : Pendidikan Keperawatan, Simulasi Virtual, Pasien Virtual, Kepuasan, Kepercayaan Diri