Laporkan Masalah

Examine Indonesia's Electric Vehicle Policy Implementation Through Active Implementation Framework

Muhammad Reginal Anassulu, Nurul Dwi Purwanti, S.I.P., M.P.A

2024 | Skripsi | ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)

Selama dekade terakhir, negara-negara di seluruh dunia telah memprioritaskan peralihan dari mobil bertenaga gas ke kendaraan listrik (EV). Perjanjian internasional seperti Perjanjian Paris mendorong banyak negara untuk mengurangi emisi dengan mengadopsi kendaraan listrik (EV) di wilayah mereka. Indonesia mempunyai masalah emisi karbon yang meningkat sehingga memerlukan dedikasi dan tujuan jangka panjang untuk mengadaptasi kebijakan penerapan kendaraan listrik. Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana kemajuan Implementasi Kebijakan EVs di Indonesia menggunakan Active Implementation Framework (AIF). Dengan berfokus pada tingkat pertumbuhan kendaraan listrik dalam jangka waktu tertentu dan ketersediaan infrastruktur di seluruh negeri. Dalam periode Implementasi penuh, penelitian ini menggunakan jenis EV lain yaitu Battery Electric Vehicles (BEV) selama periode tersebut. Untuk membuat agenda dan evaluasi masa depan. Perbandingan dengan Tiongkok dan Norwegia digunakan untuk membahas permasalahan dalam implementasi dan cara mengatasinya. Penerapan insentif Kebijakan, mandat Kebijakan yang kuat, dan peningkatan stasiun pengisian daya adalah kunci peningkatan kendaraan listrik di masa depan.

Over the past decade, nations worldwide have prioritized the shift from gas-powered automobiles to electric vehicles (EVs). International treaties such as the Paris Agreement encourage numerous countries to decrease emissions by adopting electric vehicles (EVs) within their borders. Indonesia has a raising carbon emission problem that led to the dedication and long-term goals to adapt policy for EVs implementation. This research answered the question how is the progress of Indonesia’s EVs Policy Implementation using Active Implementation Framework (AIF). By focusing on the growth rate of EVs in the time period and availability of infrastructure across the country. Within the full Implementation period this research use other types of EV which is Battery Electric Vehicles (BEV) rate during the period. To create a future agenda and evaluation. A comparison with China and Norway were used to discussed the problem within the implementation and how to solve it. The implementation of Policy incentives, a strong Policy mandating, and Charging station improvements are the key to improved EVs in the future.

Kata Kunci : Electric Vehicles (EVs), Active Implementation Framework, Stakeholders, Government, Policies, Infrastructures.

  1. S1-2024-454652-abstract.pdf  
  2. S1-2024-454652-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-454652-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-454652-title.pdf