Laporkan Masalah

Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Pengaruhnya Terhadap Filsafat Pendidikan Progressivisme

Firdaus Cahyatun Nufus, Dr. Rr. Siti Murtiningsih, M. Hum ; Fitri Alfariz, S.Fil., M.Phil,

2023 | Skripsi | ILMU FILSAFAT

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sudut pandang pendidikan terhadap pemikiran Thomas Lickona, menggambarkan prinsip-prinsip filosofi pendidikan progresivisme dalam konteks pendidikan, dan mengevaluasi konsep pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Lickona menggunakan perspektif filosofi pendidikan progresivisme. 

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan tiga tahap. Tahap pertama adalah mengumpulkan data dan sumber-sumber kepustakaan yang berkaitan dengan topik penelitian, termasuk pendidikan karakter dan pendidikan secara umum, khususnya pemikiran tentang pendidikan karakter menurut Thomas Lickona dan pendidikan progresivisme. Tahap kedua melibatkan pengelompokkan dan pengklasifikasian data yang telah dikumpulkan. Langkah ketiga adalah menganalisis data yang sudah dikelompokkan menggunakan metode penelitian dalam bidang filosofi. 

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep Pendidikan karakter Thomas Lickona mencakup pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral. Filosofi pendidikan progresivisme merupakan sebuah teori yang menekankan pentingnya kebebasan anak dalam proses pembelajaran. Pendidikan ini fokus pada relevansi pembelajaran dengan pengalaman siswa, memotivasi mereka melalui minat intrinsik, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mengatasi masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dengan memandang siswa sebagai subjek pembelajaran, pendekatan ini dapat memberikan solusi yang tepat dalam upaya membentuk karakter siswa.

This study aims to explain the educational perspective of Thomas Lickona's thoughts, describe the principles of the philosophy of progressivism education in the context of education, and evaluate the concept of character education proposed by Lickona using the perspective of the philosophy of progressivism education. 

The research method used is literature research with three stages. The first stage was to collect data and literature sources related to the research topic, including character education and education in general, particularly thoughts on character education according to Thomas Lickona and progressivism education. The second stage involves categorizing and classifying the collected data. The third step is to analyze the grouped data using research methods in philosophy. 

The results of this study are that Thomas Lickona's concept of character education includes moral knowing, moral feeling, and moral action. Progressivism education philosophy is a theory that emphasizes the importance of children's freedom in the learning process. This education focuses on the relevance of learning to students' experiences, motivating them through intrinsic interest, and developing students' ability to solve problems in the context of everyday life. By viewing students as the subject of learning, this approach can provide the right solution in an effort to shape student character. 

Kata Kunci : Pendidikan karakter, Filsafat Pendidikan, Progresivisme

  1. S1-2023-441629-abstract.pdf  
  2. S1-2023-441629-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-441629-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-441629-title.pdf