Laporkan Masalah

Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Anggrek Dendrobium (Dendrobium sp.) di Safira Orchids

Dwiani Safitri, Dr. Henry Yuliando, STP., MM., M.Agr.; Anggoro Cahyo Sukartiko, S.T.P., M.P., Ph.D.

2024 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN


Anggrek dendrobium memiliki semakin banyak peminat selama lima tahun terakhir. Konsumen membeli dengan berbagai tujuan seperti untuk hobi dan dekorasi ruangan. Toko Safira Orchids menjadi salah satu penjual tanaman hias di Kota Balikpapan yang juga menjual anggrek dendrobium. Anggrek dendrobium memiliki banyak variasi dari bentuk kelopak bunga, warna bunga, dan pola bunga. Analisis preferensi konsumen terhadap bunga anggrek dendrobium diperlukan untuk dapat menyediakan produk yang sesuai dengan preferensi konsumen dan juga sebagai referensi untuk membuat hibrida baru sesuai dengan selera konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap prioritas atribut dan kombinasi atribut bunga anggrek dendrobium. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis konjoin. Atribut dan level prioritas didapatkan dari nilai utilitas dan nilai kepentingan tertinggi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa prioritas atribut bunga dendrobium yaitu bentuk bunga (53.79%), warna bunga (26.23%), kemudian pola bunga (19.98%). Kombinasi atribut bunga anggrek dendrobium yang disukai oleh konsumen adalah bunga dengan bentuk keriting, berwarna putih, dan memiliki pola bergaris.

Dendrobium orchids have gained more enthusiasts in the last five years. Consumers buy Dendrobium orchids for various reasons such as for hobby or as ornamental plants. Safira Orchids is one of the ornamental plant sellers at Balikpapan also providing Dendrobium orchids. Dendrobium has many variations from the flower petals' shapes, flower colors, and patterns. Consumer preference analysis of Dendrobium flowers is needed to provide dendrobium flowers by consumer preference and as a reference to make a new hybrid based on consumer taste.

This study aims to determine consumer preferences for Dendrobium flower attributes priority and attributes combination. The method used in this research is conjoint analysis method. Priority attributes and levels are obtained from the highest utility value and importance value. The results showed that the priority attributes chosen were flower petal shapes (53.79%), flower colors (26.23%), and flower patterns (19.98%). The attribute combinations favored by consumers are flower petals with a curl shape, white-colored, and striped pattern.

Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Dendrobium, Analisis Konjoin

  1. S1-2024-415263-abstract.pdf  
  2. S1-2024-415263-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-415263-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-415263-title.pdf