Analisis Tingkat Kepuasan Alumni Fakultas Hukum, Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Terhadap Layanan Pembelajaran Jarak Jauh Di Universitas Terbuka Indonesia
Andi Ariska Aprianty, Prof. Dr. Ir. Paulus Insap S, M.Sc., Ph.D; Dr. Wisjnu Martani SU
2024 | Tesis | S2 MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI
Universitas Terbuka
menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh terbesar dan terbuka di Indonesia. UT
dituntut untuk terus meningkatkan layanan terbaik agar tidak terjadi
kesenjangan antara harapan mahasiswa dengan layanan yang dirasakan. Salah
satu faktor penentu tingkat kepuasan mahasiswa yang harus diperhatikan oleh
lembaga pendidikan adalah kualitas layanan akademik. Jumlah mahasiswa maupun
lulusan UT terus meningkat setiap tahun sehingga di perlukan evaluasi secara
berkala. Kuesioner disebarkan kepada responden melalui platform Whatsapp.
Peneliti melakukan studi pelacakan untuk mengetahui tingkat kepuasan alumni
FHISIP tahun 2022 terhadap layanan pembelajaran yang telah dirasakan selama
menempuh pendidikan di UPBJJ UT Kota Makassar. Selain itu, studi pelacakan
dilakukan agar mengetahui keterseraapan alumni pada dunia kerja dan relevansi antara
bidang pekerjaan alumni dengan bidang ilmu yang ditempuh. Hasil penelitian ini dapat menjadi nilai tambah dalam proses
penjaminan mutu dan peningkatan akreditasi. Pengukuran kualitas
layanan dilakukan dengan metode servqual yang telah dikembangkan oleh
Pasuraman Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. CSI digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan alumni. Hasil
menujukkan kualitas layanan berada pada kategori sangat baik dan 88% alumni
merasa puas terhadap layanan yang diberikan. Namun, hasil
penelitian tidak cukup menggambarkan kepuasan alumni terhadap kualitas layanan
karena penelitian ini sangat dibatasi oleh jumlah responden dan keterbatasan
dalam penyebaran kuesioner.
The
Open University applies the largest and most open distance learning system in
Indonesia. UT is required to continue to improve the best services so that
there is no gap between student expectation and perceived services. One of the
determining factors in student satisfaction levels that educational
institutions must pay attention to is the quality of academic services. The
number of UT students and graduates continues to increase every year, so
regular evaluation is needed. The quetionnaires was distributed to respondents
via the Whatsapp platform. Reseachers conducted a tracer study to determine the
level of satisfaction of FHISIP alumni in 2022 with the learning services the
experienced during their education at UPBJJ UT Makassar City. Apart from that,
a tracer study was carried out to determine the absorption of alumni into the
world of work and the relevance between the alumni’s field of work and the
field of science pursued. The results of this research can be of added value in
the quality assurance and accreditation improvement process. Services quality
measurement is carried out using the servqual method which has been developed by
Pasuraman; tangibles, reliability, responsiveness, emphaty and assurance. CSI
is used to analyze the level of alumni satisfaction. The result show that service
quality is in the very good category and 88% of alumni are satisfied with the
services provided. However, the research results do not adequately describe
alumni satisfaction with the quality of service because this research is very
limited by the number of respondents and limitations in distributing
questionnaires.
Kata Kunci : Open University, Services Quality, Level of Satisfaction, Tracer Study, and CSI