Laporkan Masalah

The Use of Social Media in Event Promotion by Event Organizer: The Case Study of Rajawali Indonesia's Social Media Management on Instagram

Aldella Permata Putri, Lidwina Mutia Sadasri, S.I.P, M.A.

2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Penelitian deskriptif kualitatif ini mengkaji media sosial Rajawali Indonesia manajemen sebagai event organizer dalam mempromosikan acaranya di Instagram @RajawaliIndonesia. Peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana media sosial itu dikelola dari sudut pandang penyelenggara acara. Data diambil dari observasi dan wawancara mendalam, dianalisis melalui interaksi data, dan divalidasi melalui triangulasi teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan kemunculan sosial manajemen media dalam komunikasi pemasaran disesuaikan dengan Kotler & Keller (2012), langkah-langkah P.O.A.C oleh George (2011), The Circular Model of Some oleh Regina Luttrell (2014) untuk menganalisis proses manajemen media sosial, dan teori Event Marketing oleh Belch & Belch (2007). Penelitian ini menyajikan proses yang mengarah pada terbentuknya suatu sosial manajemen media untuk komunikasi pemasaran. Hasil yang diperoleh melalui tahapan dianalisis menggunakan The Circular Model of Some dan Event Marketing yang hasilnya salah satu bentuk pengelolaan media sosial dalam komunikasi pemasaran Rajawali Indonesia. Temuan ini berfokus pada media sosial, alat pemasaran yang progresif komunikasi yang memungkinkan penyelenggara acara mendapatkan keunggulan kompetitif melalui pemasaran acara yang diterapkan dengan lebih baik. Keberhasilan Rajawali Indonesia dalam mengelola media sosial ditentukan oleh seberapa matang persiapannya dan sesuai tahapannya dengan kajian teoritis. Sebagai salah satu pendiri APMI, sosial Rajawali Indonesia pengelolaan media sejalan dengan tujuan APMI untuk meningkatkan reputasi, kualitas dan kuantitas penyelenggaraan konser dan festival musik di Indonesia.

This qualitative descriptive study examines Rajawali Indonesia's social media management as an event organizer in promoting its events on Instagram @RajawaliIndonesia. The researcher is interested in examining how social media is managed from an event organizer's perspectives. Data was taken from observations and in-depth interviews, analyzed through data interaction, and validated through triangulation of data collection techniques. The research uses the emerge of social media management in marketing communication adapted to Kotler & Keller (2012), the P.O.A.C steps by George (2011), The Circular Model of Some by Regina Luttrell (2014) to analyze the social media management process, and Event Marketing theory by Belch & Belch (2007). This study presents the process that led to setting up a social media management for marketing communication. The results obtained through stages analyzed using The Circular Model of Some and Event Marketing which is the result of a form of social media management in marketing communications of Rajawali Indonesia. The findings focus on social media, a progressive tool for marketing communication that enables event organizer to gain a competitive advantage through better applied event marketing. Rajawali Indonesia's success in managing social media is determined by how thorough the preparations are and the stages are in accordance with theoretical studies. As one of the founders of APMI, Rajawali Indonesia’s social media management in line with APMI's goal of improving the reputation, quality and quantity of organizing concerts and music festivals in Indonesia.

Kata Kunci : marketing communication, social media management, event marketing.

  1. S1-2023-444340-abstract.pdf  
  2. S1-2023-444340-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444340-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444340-title.pdf  
  5. S1-2024-444340-abstract.pdf  
  6. S1-2024-444340-bibliography.pdf  
  7. S1-2024-444340-tableofcontent.pdf  
  8. S1-2024-444340-title.pdf