Laporkan Masalah

KONSEP FREE SOCIETY TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN MENURUT FEYERABEND

Alfian Baharudin, Dr. Sindung Tjahyadi; Dr. Sonjoruri Budiani Trisakti, M.A

2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemikiran Feyerabend tentang konsep masyarakat bebas terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Pemikiran Feyerabend tentang masyarakat bebas tertulis pada bukunya yang berjudul, Science in a free society (1978) yang merupakan karya lanjutan dari Againts Methode(1975). Gagasan mengenai masyarakat bebas merupakan gagasan yang pada pengkajiannya berimplikasi pada ranah sosial, politik dan budaya sebab hal itu berkaitan dengan kondisi sistem yang dikandung oleh masyarakat modern saat ini yang mana selalu berkiblat pada kemajuan tradisi rasionalis barat. Semangatnya pada pengembangan kehidupan adalah memberikan pandangan alternatif bahwa tidak selamanya sains dengan standar yang kaku akan membawa kepada kehidupan manusia yang lebih baik. Komitmen utama Feyerabend sepanjang karirnya adalah pluralisme dan anti-dogmatisme.

Penelitian ini menggunakan model penelitian historis faktual tentang tokoh. Kerangka penelitian ini menghasilkan pemaparan mengenai suatu atau beberapa pokok pemikiran dari soerang filsuf tertentu. Konsep masyarakat bebas pada pemikiran Feyerabend dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengen mengumpulkan beberapa karya Feyerabend berupa buku-buku dan jurnal yang ditulisnya. Penelitian ini mengikuti beberapa tahapan: inventarisasi data, klasifikasi data, analisis, dan penyusunan hasil, dan diartikulasikan dengan menggunakan beberapa unsur metodis filosofis yaitu, interpretasi, koherensi internal dan inventarisasi.

Penelitian ini akan menunjukkan bagaimana konsep masyarakat bebas terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Masyarakat bebas mengartikan bahwa dalam berkehidupan untuk tidak melihat dan ataupun menganggap sains sebagai puncak pengetahuan yang absah. Bahwa untuk melanjutkan kehidupan, setiap orang berhak melakukan dengan cara dan pengetahuan yang diyakininya. Masyarakat bebas mengurai rantai dominasi sains pada kehidupan dan menyerukan kepada segala jenis tradisi untuk mendapatkan tempat yang sama selayaknya sains. Masyarakat bebas menonjolkan perbedaan antara bentuk kehidupan mereka dan bentuk kehidupan kita, dan dengan demikian memungkinkan masing-masing kelompok untuk belajar dari yang lain.


This research aims to explain Feyerabend's thoughts on the concept of a free society regarding the development of science. Feyerabend's thoughts about a free society are written in his book entitled, Science in a free society (1978) which is a follow-up work to Against Method (1975). The idea of a free society is an idea which in his studies has implications in the social, political and cultural realms because it is related to the system conditions contained in modern society today which is always oriented towards progress western rationalist tradition. His enthusiasm for the development of life is to provide an alternative view that science with rigid standards will not always lead to a better human life. Feyerabend's main commitment throughout his career was pluralism and anti-dogmatism.

This research uses a factual historical research model about figures. This research framework produces an explanation of one or several main ideas from certain philosophies. The concept of a free society in Feyerabend's thinking is examined in this research. This research is a literature study by collecting several of Feyerabend's works in the form of books and journals he wrote. This research follows several stages: data inventory, data classification, analysis, and compilation of results, and is articulated using several philosophical methodological elements, interpretation, internal coherence and inventory.

This research will show how the concept of a free society faces the development of science. A free society means that in life one should not only see or consider science as the peak of valid knowledge. That in order to continue life, every person has the right to do it in the way and knowledge they believe in. A free society breaks the chains of science's domination of life and calls for all kinds of traditions to develop and have the same place as science. Free societies highlight the differences between their form of life and ours, and thus allow each group to learn from the other.

Kata Kunci : Feyerabend, free society, democratic relativism

  1. S1-2024-414224-abstract.pdf  
  2. S1-2024-414224-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-414224-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-414224-title.pdf