Laporkan Masalah

KINERJA KENDALI STRAIGHT-LINE BERBASIS MODUL AUTOSTEERING PADA TRAKTOR NEW HOLLAND TT-45

Djoshuana Farrel, Dr. Ir. Radi, S.T.P., M.Eng., IPU, ASEAN Eng.

2024 | Skripsi | TEKNIK PERTANIAN

Traktor merupakan alat bantu sebagai sumber penggerak utama, dalam bidang pertanian sebagai penggerak dan pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan penerapan bajak bajak . Dalam pengoperasiannya, traktor roda 4 juga memiliki potensi bahaya karena dikendalikan secara manual dengan tangan dalam waktu yang lama oleh operator traktor. Fenomena ataupun kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan operator. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi yang dapat mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah FJDynamics yang mengembangkan inovasi terkait teknologi traktor berupa autosteering pada traktor roda empat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja alat autosteering kit FJDynamics yang dioperasikan pada lahan pertanian, difokuskan pada seberapa stabil alat tersebut dalam mengikuti alur yang ditetapkan secara garis lurus.

Pengukuran garis lurus dilakukan menggunakan traktor roda empat dengan cara mengukur simpangan yang terjadi di lahan pertanian dan di lahan lapang, baik tanpa implemen maupun dengan implemen . Adapun pengukuran dilakukan setiap 5 m dan jarak antara garis bantu dengan ajir (saat di lahan lapang menggunakan batu, saat di lahan pertanian tanpa implemen menggunakan bekas roda, saat di lahan dengan implemen menggunakan bekas alur implemen).

Hasil penelitian menunjukkan pada lahan lapang luasnya simpangan adalah 1 cm, besarnya simpangan tanpa alat adalah 9 cm, sementara besarnya simpangan dengan alat adalah 15 cm . Hal ini dipengaruhi oleh kondisi lahan serta kondisi tanpa dan dengan pelaksanaan.

The tractor is an auxiliary tool as the main source of mover, in agriculture as a driving force for implementation. This study used rotary plow implementation. In operation, 4-wheeled tractors also have the potential for danger because they are controlled manually for a long time by the tractor operator. This phenomenon or condition can cause acceleration of operator fatigue. Therefore, an innovation is needed that can overcome this. One of them is FJDynamics which developed a breakthrough related to tractor technology in the form of autosteering on four-wheeled tractors. This study was conducted to determine the performance of the FJDynamics autosteering kit operated on agricultural land, focusing on how stable the tool is in following the flow set in a straight line.

Straight line measurements are carried out using four-wheeled tractors by measuring deviations that occur in agricultural land and fields, both without implementation and with implementation. The measurements are carried out every 5 m and the distance between the auxiliary line and the marker (when in the field using stones, when in agricultural land without implementation using wheel marks, and when in land with implementation using the former implementation groove).

The results showed that in the field the size of the deviation is 1 cm, the size of the deviation without the implementation is 9 cm, while the size of the deviation with the implementation is 15 cm. This is influenced by land conditions and conditions without and with implementation

Kata Kunci : autosteering, deviasi, straight line, traktor

  1. S1-2024-431420-abstract.pdf  
  2. S1-2024-431420-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-431420-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-431420-title.pdf