Laporkan Masalah

Pengaruh Konsep Wa Terhadap Pendidikan untuk Orang-Orang Tuli di Jepang

Alyarizki Dushanta, Yayan Suyana, S.S., M.A.

2024 | Skripsi | SASTRA JEPANG

Masyarakat Jepang terkenal akan penekanannya terhadap keharmonisan sosial. Sama seperti nilai-nilai budaya lain, gagasan tentang harmoni dapat mempengaruhi peraturan formal dan informal yang ada dalam masyarakat. Nilai-nilai normatif tersebut tentunya juga dapat mempengaruhi kehidupan pada para difabel, kelompok marjinal yang eksistensinya sendiri tidak ‘normatif’. Penelitian ini membahas bagaimana konsep wa, sebuah konsep yang terkait dengan gagasan harmoni, dapat mempengaruhi pendidikan untuk orang-orang tuli di Jepang.

Penelitian ini menunjukkan bahwa konsep wa memiliki pengaruh kuat dalam pendidikan untuk orang-orang tuli di Jepang. Konsep wa mempengaruhi sistem dan kurikulum yang mendorong anak-anak tuli untuk berasimilasi, menjadi anggota masyarakat yang mandiri, dan mampu beradaptasi dengan kenyamanan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsep wa berperan dalam reformasi dan pemeliharaan sistem pendidikan untuk orang-orang tuli. Sistem pendidikan yang dipengaruhi oleh konsep wa tersebut, pada akhirnya, mempengaruhi orang-orang tuli di Jepang secara keseluruhan.

Japanese society has been noted for the emphasis it places on social harmony. As with other cultural values that penetrate deep into society, ideas of harmony may have played a part in written and unwritten rules of the community. Disabled people, as a marginalized group whose existence itself is ‘against the norm’, might particularly be affected by such normative values. This research discusses how the wa concept, a concept tied to the idea of harmony, may have affected education for deaf people in Japan.

This research shows that the wa concept is interwoven in many aspects of deaf education in Japan. It has affected the system and curriculum which pushes deaf children into assimilation and to become independent society members that can adapt to the comfort of their surroundings. This research also points to the role the wa concept plays in the maintenance and reformation of the current Japanese deaf education system. The Japanese deaf education that is affected by the wa concept has, in turn, affected the deaf community as a whole.

Kata Kunci : wa, harmoni, pendidikan Jepang, pendidikan tuli

  1. S1-2024-443444-abstract.pdf  
  2. S1-2024-443444-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-443444-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-443444-title.pdf