Laporkan Masalah

Pengaruh Dekorasi Ruang Klinik Gigi Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia 6-8 Tahun

Dwi Febriyanti, drg. Putri Kusuma Wardani, M.Kes., Sp. KGA(K); drg. Igna Sulistyo Jatmiko, M.Kes., Sp. KGA

2024 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN GIGI

Anak usia 6-8 tahun mengalami masa pergantian gigi desidui menjadi gigi permanen yang menyebabkan anak menjadi lebih sering berkunjung ke dokter gigi dan biasanya disertai rasa cemas dan takut yang berlebihan. Tingkat keberhasilan perawatan gigi anak di klinik gigi dapat didukung dengan mempertimbangkan kondisi psikologis anak yang dapat dinilai menggunakan skala Frankl. Dekorasi ruang klinik gigi berperan penting dalam mempengaruhi psikologis anak yaitu dapat mengurangi rasa takut dan cemas sehingga anak menjadi kooperatif terhadap pelayanan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dekorasi ruang klinik gigi terhadap tingkat kooperatif anak usia 6-8 tahun.

Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan one shot-case study yang dilakukan pada 36 pasien anak usia 6-8 tahun. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol (klinik gigi konvensional) dan kelompok  perlakuan (klinik gigi ramah anak). Penilaian perilaku diukur dengan cara mengamati dan mendokumentasi perilaku anak di dental unit sebelum dilakukan perawatan. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan uji Chi-Square pada aplikasi SPSS.

Berdasarkan hasil penilaian perilaku, jumlah anak dengan tingkat kooperatif positif pada dekorasi ruang klinik ramah anak lebih besar daripada dekorasi ruang klinik konvensional. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kooperatif anak yang signifikan antara klinik dengan dekorasi ramah anak dan klinik dengan dekorasi konvensional (p<0>

The transition from deciduous teeth to permanent teeth in children aged 6-8 years often leads to more frequent visits to the dentist, accompanied by excessive anxiety and fear. The success of dental care for children in dental clinics can be assisted by considering the psychological condition of children, assessed through behavioral assessment using Frankl’s behavior rating scale. Decoration of the dental clinic room plays a crucial role in influencing the child's psychology by reducing fear and anxiety, and making the child more cooperative during dental services. This study aims to determine the influence of dental clinic room decoration on the cooperative level of children aged 6-8 years.

This research is a quasi-experimental type with a one-shot case study design conducted on 36 patients aged 6-8 years. The subjects were divided into two groups: the control group (conventional dental clinic) and the treatment group (child-friendly dental clinic). Behavioral assessment was measured by observing and documenting children's behavior in the dental unit before treatment. The research data were analyzed using the Chi-Square test in the SPSS application.

Based on the behavior assessment results, the number of children in the child-friendly decorated clinic with positive and very positive cooperative levels was greater than the number of children treated in clinics with conventional decoration. The Chi-Square test results showed a significant difference in the cooperative level of children between the child-friendly decorated clinic and the conventional decorated clinics (p <0>

Kata Kunci : dekorasi ruang klinik gigi, kooperatif, skala Frankl

  1. S1-2024-440002-abstract.pdf  
  2. S1-2024-440002-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-440002-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-440002-title.pdf