Laporkan Masalah

¬PENGARUH KARAKTER DALAM VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 4-6 TAHUN

Nauroh Nashifah Issananti, drg. Ign. Sulistyo Jatmiko, M.Kes., Sp.KGA, ; Prof. Dr. drg. Al. Supartinah, SU.,Sp.KGA(K),

2024 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN GIGI

Masalah kesehatan gigi pada anak prasekolah dapat dicegah salah satunya dengan memberikan edukasi menyikat gigi yang baik dan benar. Video animasi dapat menjadi pilihan sebagai media edukasi. Karakter dalam video animasi memiliki peran penting dalam membawakan jalan cerita dan mampu meningkatkan fokus anak serta menciptakan suasana edukasi yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakter dalam video animasi terhadap peningkatan pengetahuan menyikat gigi anak prasekolah usia 4-6 tahun.

         Penelitian ekperimental semu dengan rancangan pretest-posttest control group design telah dilakukan dengan melibatkan 36 anak di TK ABA Ngoro-oro, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dilakukan dengan membandingkan video karakter animasi dengan video animasi tanpa karakter terhadap peningkatan pengetahuan menyikat gigi anak prasekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis mengunakan Mann Witney.

         Hasil penelitian menunjukan sebesar 88,89% anak prasekolah mengalami peningkatan pengetahuan menyikat gigi setelah diberikan intervensi berupa video animasi. Kelompok perlakuan dengan video karakter animasi mampu meningkatkan nilai pengetahuan menyikat gigi sebesar 3,89, dibandingkan pada kelompok kontrol dengan video animasi tanpa karakter yang mampu meningkatkan nilai pengetahuan menyikat gigi sebesar 1,55. Hasil analisis data menggunakan Mann Withney didapatkan nilai signifikan 0,003 (p<0>


Dental health problems in preschool children can be prevented by educating them about proper tooth-brushing. Animated videos could be an after native option to become an educational media. The characters in animated videos have an important role in conveying the storyline and are able to increase children's focus and create a fun, educational atmosphere. This study aims to determine the effect of characters in animated videos on increasing toothbrushing knowledge in preschool children aged 4-6 years.

         Quasi-experimental research with a pretest-posttest control group design was conducted involving 36 children at the TK ABA Ngoro-oro Kapanewon Patuk, Gunungkidul Regency. This research uses a quantitative experimental method by comparing animated character videos with animated videos without characters to increase preschool children's toothbrushing knowledge. The data collection technique uses a questionnaire with Mann Withney analysis .

         The research results showed that 88.89% of preschool children experienced an increase in their toothbrushing knowledge after being given intervention in the form of an animated video. The treatment group with animated video characters was able to increase toothbrushing knowledge by 3.89, compared to the control group with animated videos without characters which were able to increase toothbrushing knowledge by 1.55. The results of data analysis using Mann Withney showed a significance value of 0.003 (p<0>



Kata Kunci : Video karakter animasi, pengetahuan menyikat gigi, anak prasekoh.

  1. S1-2024-438990-abstract.pdf  
  2. S1-2024-438990-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-438990-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-438990-title.pdf