Laporkan Masalah

SERAT WIRID HIDAYAT JATI DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI AL-HIKMAH AL-MUTA'ALIYAH

Adjis Romadon, Dr. Arqom Kuswanjono; Drs. Farid, S.Ag., M.Hum.

2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT

Skripsi ini berjudul Serat Wirid Hidayat Jati dalam Perspektif Epistemologi Al-Hikmah Al-Muta’aliyah. Penelitian ini dilatarbelakangi keinginan untuk menelusuri bentuk pengetahuan lokal yang hadir dengan karakteristik tersendiri yang sering dianggap tidak rasional dan ilmiah. Mengambil salah satu karya yang cukup terkenal yaitu Serat Wirid Hidayat Jati. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama, mendeskripsikan struktur epistemologi Al-Hikmah Al-Muta’aliyah, kedua, menguraikan isi ajaran Serat Wirid Hidayat Jati, ketiga, menganalisis bentuk pengetahuan dalam Serat Wirid Hidayat Jati menggunakan perspektif epistemologi Al-Hikmah Al-Muta’aliyah

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mengidentifikasi permasalahan historis faktual dari naskah Serat Wirid Hidayat Jati melalui pandangan epistemologi Al-Hikmah Al-Muta’aliyah. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika filosofis dengan unsur metodis: interpretasi, koherensi intern, kesinambungan historis, dan refleksi. 

Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Al-Hikmah Al-Muta’aliyah merupakan bentuk epistemologi yang mengakui semua sumber pengetahuan dari alam, rasio, jiwa, sejarah, serta instrumen pengetahuan seperti indra, rasio, jiwa, yang dapat diketahui melalui empat tingkatan persepsi. Kedua, ajaran Serat Wirid Hidayat Jati yang lengkap dengan wejangan dan tuntunan laku spritual yang menuntun manusia pada kesempurnaanya. Ketiga, bentuk pengetahuan dalam Serat Wirid Hidayat Jati menggunakan sumber-sumber pengetahuan yang berasal dari alam, rasio, jiwa, sejarah, dan menggunakan indra, rasio, dan jiwa sebagai instrumen untuk menangkap sumber-sumber pengetahuan tersebut. Serat Wirid Hidayat Jati menempatkan ajarannya sebagai bentuk pengetahuan tertinggi yang menjelaskan adanya tingkatan atau tahapan pengetahuan dalam struktur pengetahuannya.

The thesis is titled "The Wirid Hidayat Jati Manuscript in the Perspective of Epistemology Al-Hikmah Al-Muta'aliyah." This research is motivated by the desire to explore local knowledge which characterized by their unique traits often considered non-rational and unscientific. One of the well-known works chosen for analysis is Wirid Hidayat Jati manuscript. The objectives of this research are: first, to describe the epistemological structure of Al-Hikmah Al-Muta'aliyah; second, to elucidate the teachings of Wirid Hidayat Jati manuscript; and third, to analyze the form of knowledge in Wirid Hidayat Jati manuscript  using the perspective of Al-Hikmah Al-Muta'aliyah epistemology.

This study adopts a qualitative descriptive research approach aimed at identifying factual historical issues in the Wirid Hidayat Jati manuscript through the lens of Al-Hikmah Al-Muta'aliyah epistemology. The research employs the method of philosophical hermeneutics with methodical elements such as interpretation, internal coherence, historical continuity, and reflection.

The research results are as follows: First, Al-Hikmah Al-Muta'aliyah is an epistemological form that acknowledges all sources of knowledge from nature, ratio, soul, history, as well as knowledge instruments such as senses, ratio, and soul, which can be understood through four levels of perception. Second, the teachings of Wirid Hidayat Jati manuscript are comprehensive, providing guidance and directives for spiritual conduct that leads individuals toward perfection. Third, the form of knowledge within Wirid Hidayat Jati manuscript use sources from nature, ratio, soul, history, and employ the senses, ratio, and soul as instruments to grasp these sources of knowledge. The Wirid Hidayat Jati manuscript places its teachings as the highest form of knowledge that explains the existence of levels or stages of knowledge within its knowledge structure.

Kata Kunci : epistemologi, mistik, al-hikmah al-muta’aliyah, wirid hidayat jati

  1. S1-2024-397342-abstract.pdf  
  2. S1-2024-397342-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-397342-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-397342-title.pdf