Laporkan Masalah

Perancangan Antarmuka Sistem Automatic Item Generator UJI-M dengan Metode Design Thinking

Dessy Nur Ramadhannisa Seswandhana, Dr. Indriana Hidayah, S.T., M.T.

2023 | Skripsi | TEKNOLOGI INFORMASI

Salah satu aspek pengambilan nilai utama yang diambil dalam proses pembelajaran adalah ujian. Ujian menjadi salah satu tolak ukur pemahaman pembelajar selama mengikuti proses pembelajaran. Namun, terdapat risiko yang dapat membuat hasil ujian yang didapatkan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, yaitu kecurangan. Hal ini mendasari pengembangan sistem dengan teknologi automatic item generator yang dapat membuat paket soal yang mampu menguji pembelajar secara adil saat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring maupun luring yang bernama Sistem AIG UJI-M. Sistem ini memungkinkan pembuat soal membuat soal paralel secara otomatis. Untuk memperbaiki sistem terdahulu yang memiliki kekurangan pada sisi non-functional requirements-nya, yaitu pada aspek keandalan sistem yang kurang dapat diprediksi pengguna, sesuai dengan hasil pengujian user experience questionnaire (UEQ) sistem AIG UJI-M v2 lalu. Rancangan antarmuka dan pengalaman pengguna dikembangkan serta dirancang kembali agar sistem dapat mencapai kepuasan pengguna. Perancangan antarmuka dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking. Rancangan antarmuka AIG UJI-M dibuat menggunakan aplikasi Figma agar pengujian prototipe dapat dilakukan dengan mudah. Pengujian rancangan antarmuka dilakukan dengan metode usability testing (UT) yang didukung dengan UEQ, system usability scale (SUS), dan wawancara dengan penguji untuk memvalidasi hasil pengujian kebergunaan sistem. Berdasarkan hasil pengujian, seluruh partisipan pengujian dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan lancar. Kemudian, pengujian UEQ, didapatkan hasil rerata yang berhasil mendapatkan grade Excellent pada setiap skala dengan fokus pada butir “tidak dapat diprediksi” yang naik dari nilai rata +1,3 menjadi +2,4. Sedangkan pada pengukuran SUS mendapatkan skor rata-rata 85.5, dan berada pada grade A dengan peringkat Excellent. Yang artinya, desain antarmuka sistem menarik, mudah digunakan, mudah dipahami, efisien, bekerja sesuai dengan ekspektasi pengguna, dan inovatif.

Exams are fundamental in assessing a student's understanding during the learning process. However, cheating poses a challenge to the integrity of exam results. To combat this, the AIG UJI-M System, an automatic item generator technology, was developed. This system generates fair and parallel test questions suitable for both online and offline learning environments. The earlier version of the AIG UJI-M system faced usability challenges, particularly in terms of user predictability. To address this, the system underwent a redesign process informed by the Design Thinking methodology. The interface was prototyped using the Figma application, facilitating easy testing and iteration. Upon testing the redesigned interface, results showed improved usability. Participants were able to navigate the system more effectively. Feedback from the User Experience Questionnaire (UEQ) highlighted a notable increase in ratings, particularly in areas related to predictability. The System Usability Scale (SUS) further corroborated these findings, indicating a high level of user satisfaction with an average score of 85.5, translating to an "Excellent" rating. In essence, the revamped AIG UJI-M interface demonstrated enhanced usability, meeting users' expectations for efficiency and innovation.

Kata Kunci : automatic item generator, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna

  1. S1-2023-429062-abstract.pdf  
  2. S1-2023-429062-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-429062-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-429062-title.pdf  
  5. S1-2024-429062-abstract.pdf  
  6. S1-2024-429062-bibliography.pdf  
  7. S1-2024-429062-tableofcontent.pdf  
  8. S1-2024-429062-title.pdf