Perancangan Antarmuka Sistem Automatic Item Generator UJI-M dengan Metode Design Thinking
Dessy Nur Ramadhannisa Seswandhana, Dr. Indriana Hidayah, S.T., M.T.
2023 | Skripsi | TEKNOLOGI INFORMASI
Salah satu aspek pengambilan
nilai utama yang diambil dalam proses pembelajaran adalah ujian. Ujian menjadi
salah satu tolak ukur pemahaman pembelajar selama mengikuti proses
pembelajaran. Namun, terdapat risiko yang dapat membuat hasil ujian yang
didapatkan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, yaitu kecurangan. Hal
ini mendasari pengembangan sistem dengan teknologi automatic item generator
yang dapat membuat paket soal yang mampu menguji pembelajar secara adil saat
kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring maupun luring yang bernama
Sistem AIG UJI-M. Sistem ini memungkinkan pembuat soal membuat soal paralel
secara otomatis. Untuk memperbaiki sistem terdahulu yang memiliki kekurangan
pada sisi non-functional requirements-nya, yaitu pada aspek keandalan
sistem yang kurang dapat diprediksi pengguna, sesuai dengan hasil pengujian user
experience questionnaire (UEQ) sistem AIG UJI-M v2 lalu. Rancangan
antarmuka dan pengalaman pengguna dikembangkan serta dirancang kembali agar
sistem dapat mencapai kepuasan pengguna. Perancangan antarmuka dilakukan dengan
menggunakan metode Design Thinking. Rancangan antarmuka AIG UJI-M dibuat
menggunakan aplikasi Figma agar pengujian prototipe dapat dilakukan dengan
mudah. Pengujian rancangan antarmuka dilakukan dengan metode usability
testing (UT) yang didukung dengan UEQ, system usability scale (SUS),
dan wawancara dengan penguji untuk memvalidasi hasil pengujian kebergunaan
sistem. Berdasarkan hasil pengujian, seluruh partisipan pengujian dapat
menyelesaikan tugas yang diberikan dengan lancar. Kemudian, pengujian UEQ,
didapatkan hasil rerata yang berhasil mendapatkan grade Excellent pada
setiap skala dengan fokus pada butir “tidak dapat diprediksi” yang naik dari
nilai rata +1,3 menjadi +2,4. Sedangkan pada pengukuran SUS mendapatkan skor
rata-rata 85.5, dan berada pada grade A dengan peringkat Excellent.
Yang artinya, desain antarmuka sistem menarik, mudah digunakan, mudah dipahami,
efisien, bekerja sesuai dengan ekspektasi pengguna, dan inovatif.
Exams are fundamental in
assessing a student's understanding during the learning process. However,
cheating poses a challenge to the integrity of exam results. To combat this,
the AIG UJI-M System, an automatic item generator technology, was developed. This
system generates fair and parallel test questions suitable for both online and
offline learning environments. The earlier version of the AIG UJI-M system
faced usability challenges, particularly in terms of user predictability. To
address this, the system underwent a redesign process informed by the Design
Thinking methodology. The interface was prototyped using the Figma application,
facilitating easy testing and iteration. Upon testing the redesigned interface,
results showed improved usability. Participants were able to navigate the
system more effectively. Feedback from the User Experience Questionnaire (UEQ)
highlighted a notable increase in ratings, particularly in areas related to
predictability. The System Usability Scale (SUS) further corroborated these
findings, indicating a high level of user satisfaction with an average score of
85.5, translating to an "Excellent" rating. In essence, the revamped
AIG UJI-M interface demonstrated enhanced usability, meeting users'
expectations for efficiency and innovation.
Kata Kunci : automatic item generator, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna