Laporkan Masalah

Fungsi Model Gigi Sebagai Media Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Cara Menyikat Gigi Pada Anak Usia 8-9 Tahun di SD IT An Nisa Kedawung, Sragen

Aisah Nur Rohmah, Prof. Dr. drg. Regina T.C.Tandelilin, M.Sc. ; drg. Iffah Mardhiyah, M. Biomed

2024 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN GIGI

Pendidikan kesehatan gigi adalah usaha atau aktivitas untuk memengaruhi orang agar memiliki kesehatan gigi dan mulut yang baik. Diharapkan dengan memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang baik dapat meningkatkan derajat kesehatan yang lebih optimal. Penggunaan media memiliki peran yang sangat penting dalam penyuluhan kesehatan. Model gigi adalah benda yang menyerupai bentuk dan struktur gigi asli yang dapat disentuh dan dipegang secara nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah fungsi penggunaan model gigi dalam penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang cara menyikat gigi pada anak usia 8-9 tahun SD IT An Nisa Kedawung, Sragen.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan rancangan one group pre-posttest. Total subjek 42 siswa di SD IT An Nisa Kedawung, Sragen yang berusia 8-9 tahun. Teknik yang digunakan yaitu total sampling. Penilaian skor variabel pengetahuan dan sikap cara menyikat gigi didapat melalui pengisian kuesioner. Pengambilan data dilakukan sebanyak 2 kali sebelum dan setelah penyuluhan, dengan jangka waktu 4 minggu dan durasi penyuluhan 30 menit penyuluhan. Data tersebut dianalisis dengan uji Wilcoxon pada p<0>.

Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap tentang cara menyikat gigi yang bermakna antara sebelum dibandingkan sesudah penyuluhan kesehatan gigi dan mulut menggunakan model gigi sebagai media peraga. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan pengetahuan cara menyikat gigi berkategori baik dari 23,8% menjadi 90,5% dan terjadi peningkatan sikap terhadap cara menyikat gigi berkategori sangat baik dari 43% menjadi 83% siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa fungsi penggunaan model gigi dalam penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bermakna meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang cara menyikat gigi pada anak usia 8-9 tahun SD IT An Nisa Kedawung.

Dental health education is an effort or activity to influence people to have good dental and oral health. It is hoped that having good knowledge, attitudes and behavior can increase the level of health to a more optimal level. The use of media has a very important role in health education. A dental model is an object that resembles the shape and structure of real teeth that can be touched and held in real life. The aim of this research is to find out whether the function of dental models in dental and oral health education can increase knowledge and attitudes about how to brush teeth in children aged 8-9 years at SD IT An Nisa Kedawung, Sragen.

This research method used a quasi-experimental research method with a one group pre-posttest design. The total subjects were 42 students at SD IT An Nisa Kedawung, Sragen aged 8-9 years. The technique used was total sampling. The score assessment for the knowledge and attitude variables on how to brush teeth was obtained through filling out a questionnaire. Data collection was carried out twice before and after the dental health education, with a period of 4 weeks and a counseling duration of 30 minutes. The results of these data were analyzed using the Wilcoxon test at p<0>

The results of the Wilcoxon test showed that there were significant differences in the level of knowledge and attitudes about how to brush teeth before and after the dental health education using dental models as a demonstration medium. The results show that there was an increase in knowledge of how to brush teeth in the good category from 23.8% to 90.5% and there was an increase in attitudes towards how to brush teeth in the very good category from 43% to 83% of students. The results of this study conclude that the function of dental models in dental and oral health education is to increase knowledge and attitudes about how to brush teeth in children aged 8-9 years at SD IT An Nisa Kedawung.


Kata Kunci : menyikat gigi; model gigi; pengetahuan; sikap

  1. S1-2024-445341-abstract.pdf  
  2. S1-2024-445341-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-445341-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-445341-title.pdf