PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA BERTEMA KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK 4-5 TAHUN
WISLY GUMAY, drg. Ignatius Sulistyo Jatmiko. M.Kes., Sp. KGA; drg. Putri Kusuma W.M., M.Kes., Sp. KGA(K).
2023 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER GIGI
Prevalensi gigi rusak atau berlubang pada anak usia prasekolah mencapai 36,4% pada kelompok usia 3-4 tahun, sementara data menunjukkan angka 54% terjadi pada anak usia 5-9 tahun. Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting untuk anak usia dini. Pengetahuan yang kurang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut memiliki hubungan yang kuat dengan karies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga bertema kesehatan gigi dan mulut terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Test and Post-Test
with Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada 34
anak usia 4-5 tahun yang dibagi menjadi masing-masing 17 anak pada kelompok
kontrol dan perlakuan di TKN Pembina Kecamatan Sleman. Pengambilan subjek
dilakukan secara acak. Kriteria inklusi yaitu anak dengan rentang usia
4-5 tahun yang bersekolah di TKN Pembina Kecamatan Sleman menurut data dari
pihak sekolah. Data selisih pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan
sesudah permainan dianalisis menggunakan Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian didapatkan rerata skor pengetahuan kesehatan gigi dan mulut kelompok kontrol sebesar 0.76 ±1.251. Rerata skor pengetahuan Kesehatan gigi dan mulut kelompok perlakuan sebesar 2.88 ±1.495. Hasil Uji Mann Whitney menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak usia 4-5 tahun (Puji = 0,000 < Pvalue = 0,05). Kesimpulan penelitian adalah permainan ular tangga bertema kesehatan gigi dan mulut dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak usia 4-5 tahun di TKN Pembina Kecamatan Sleman.
The prevalence of damaged or cavities in preschool-aged children reached
36.4% in the 3-4 year age group, while data shows that 54% occurred in children
aged 5-9 years. Knowledge of dental and oral health is important for young children.
Poor knowledge in maintaining oral health has a strong relationship with caries.
This study aims to determine the effect of the snakes and ladders game with the
theme of dental and oral health on the dental and oral health knowledge of children
aged 4-5 years.
This research uses the Pre-Test and Post-Test with Non Equivalent Control Group Design research type. This research was conducted on 34 children aged 4-5 years who were divided into 17 children each in the control and treatment groups at TKN Pembina, Sleman District. Subjects were taken randomly. The inclusion criteria are children aged 4-5 years who attend TKN Pembina Sleman District according to data from the school. Data on differences in dental and oral health knowledge before and after the game were analyzed using the Mann Whitney Test.
The research results showed that the control group's average dental and oral health knowledge score was 0.76 ± 1.251. The mean dental and oral health knowledge score for the treatment group was 2.88 ± 1.495. The results of the Mann Whitney Test showed that there was an increase in oral health knowledge in children aged 4-5 years (Ptest = 0,000 < Pvalue = 0,05). The conclusion of the research is that the snakes and ladders game with the theme of dental and oral health can increase the knowledge of dental and oral health in children aged 4-5 years at TKN Pembina, Sleman District.
Kata Kunci : Permainan Ular Tangga, Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut, Anak Usia 4-5 Tahun