Laporkan Masalah

Analisis Strategi Kepemimpinan Biaya Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Sebagai Peningkatan Daya Saing Pada Industri Pariwisata Di Jakarta

Benhard Hutasoit, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam hayati yang berlimpah. Flora dan Fauna yang terdapat di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri serta menjadi salah satu identitas dari keanekaragaman yang ada di Indonesia. Daya tarik itu kemudian menjadi acuan bagi beberapa perusahaan untuk bergerak mengembangkan industri pariwisata yang satu diantaranya adalah Industri Pariwisata Satwa. Adanya suatu persaingan membuat perusahaan yang bergerak didalamnya untuk menentukan strategi yang tepat untuk menunjukan keunggulan dalam persaingan.

Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu dari perusahaan yang bergerak pada Industri Pariwisata Satwa dengan fokus pada Lembaga Konservasi di dalam Kebun Binatang dimana satu dari sekian keunggulan yang dimiliki adalah harga yang kompetitif dibanding perusahaan pesaing. Hal ini menjadi salah satu fokus penelitian dari tesis ini serta untuk menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi persaingan.

Berdasarkan permasalahan di atas, dalam tesis ini akan dilakukan analisis persaingan dalam kepemimpinan biaya yang terdapat pada Taman Margasatwa Ragunan serta menganalisis faktor-faktor yang menjadi kunci kesuksesan dari Industri Pariwisata Satwa, dengan melihat pada pemosisian perusahaan dalam menghadapi persaingan serta identifikasi dari rantai nilai yang dapat menjadi keunggulan bersaing di dalam Industri Pariwisata Satwa.

Indonesia is a country with abundant natural biodiversity. The flora and fauna found in Indonesia are a special attraction and become one of the identities of the diversity that exists in Indonesia. The attraction then becomes a reference for several companies to move to develop the tourism industry, one of which is the Animal Tourism Industry. The existence of a competition makes companies engaged in it to determine the right strategy to show excellence in competition.

Taman Margasatwa Ragunan is one of the companies engaged in the Animal Tourism Industry with a focus on Conservation Institutions in the Zoo where one of the many advantages it has is a competitive price compared to competing companies. This is one of the research focuses of this thesis as well as to analyze several factors that affect competition.

Based on the above problems, this thesis will analyze the competition in cost leadership in Taman Margasatwa Ragunan and analyze the factors that are key to the success of the Animal Tourism Industry, by looking at the positioning of the company in facing competition and identification of the value chain that can be a competitive advantage in the Animal Tourism Industry.

Kata Kunci : Taman Margasatwa Ragunan, Keunggulan Bersaing, Analisis Kepemimpinan Biaya, Analisis Pemosisian, Faktor Kunci Kesuksesan, Rantai Nilai

  1. S2-2023-490391-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490391-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490391-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490391-title.pdf