Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT Pertamina Retail Dalam Menghadapi Tantangan Persaingan Bisnis

MUHAMMAD HAMAM SOFYAN NURDIN, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Dalam menjalankan suatu organisasi untuk memberikan ketepatan melakukan tindakan yang dapat menghasilkan sebuah keberlangsungan perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang bersifat dinamis dan memiliki ketidakpastian yang tinggi maka diperlukan sebuah strategi yang tepat sasaran

Pada Penelitian ini membahas tentang alternatif strategi berdasarkan penilaian dan pengukuran pengaruh internal dan eksternal yang dapat digunakan untuk memberikan analisa yang tepat dalam menjalankan strategi kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam menghadapi pasar yang cenderung berubah namun secara internal perlu dilakukan evaluasi atas strategi tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara pihak internal PT Pertamina Retail dan data internal dan eksternal untuk mendukung penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan metode 5 Forces Porter untuk mengetahui posisi persaingan lingkugnan eksternal yang akan berpengaruh juga kepada faktor internal dengan metode Analisis Fungsional dan BCG Matrix. Hal tersebut dilakukan penilitian menggunakan SWOT dengan pengukuran EFE dan IFE sebagai hasil penentuan strategi sebagai alternatif yang tepat dan efektif dilakukan dalam menghadapi pasar yang dinamis.

 


In running an organization to provide accuracy in carrying out an actions that can produce a company's sustainability in the face of changes in the business environment that are dynamic and have high uncertainty. thus, a strategy that is right on target is needed.

This research discusses alternative strategies based on assessment and measurement of internal and external influences that can be used to provide appropriate analysis in carrying out future strategies. The purpose of this research is to get the right strategy in dealing with a market that tends to change but internally it is necessary to evaluate the strategy. This research is qualitative descriptive by conducting internal interviews with PT Pertamina Retail and internal and external data to support this research.

This study uses Porter's 5 Forces method to determine the competitive position of the external environment which will also affect internal factors using the Functional Analysis and BCG Matrix methods. This research was carried out using SWOT with EFE and IFE measurements as a result of determining a strategy as an appropriate and effective alternative in dealing with a dynamic market

 


Kata Kunci : SWOT, BCG Matrix, 5 Forces Porter, Fuel & Gas Business

  1. S2-2023-465280-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465280-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465280-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465280-title.pdf