Analisis Strategi Bersaing PT Pertamina Retail Dalam Menghadapi Tantangan Persaingan Bisnis
MUHAMMAD HAMAM SOFYAN NURDIN, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Dalam menjalankan
suatu organisasi untuk memberikan ketepatan melakukan tindakan yang dapat
menghasilkan sebuah keberlangsungan perusahaan dalam menghadapi perubahan
lingkungan bisnis yang bersifat dinamis dan memiliki ketidakpastian yang tinggi
maka diperlukan sebuah strategi yang tepat sasaran
Pada Penelitian ini
membahas tentang alternatif strategi berdasarkan penilaian dan pengukuran
pengaruh internal dan eksternal yang dapat digunakan untuk memberikan analisa
yang tepat dalam menjalankan strategi kedepannya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam menghadapi pasar yang
cenderung berubah namun secara internal perlu dilakukan evaluasi atas strategi
tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan melakukan
wawancara pihak internal PT Pertamina Retail dan data internal dan eksternal
untuk mendukung penelitian ini.
Penelitian ini
menggunakan metode 5 Forces Porter untuk mengetahui posisi persaingan
lingkugnan eksternal yang akan berpengaruh juga kepada faktor internal dengan
metode Analisis Fungsional dan BCG Matrix. Hal tersebut dilakukan penilitian
menggunakan SWOT dengan pengukuran EFE dan IFE sebagai hasil penentuan strategi
sebagai alternatif yang tepat dan efektif dilakukan dalam menghadapi pasar yang
dinamis.
This research discusses alternative strategies based on assessment and
measurement of internal and external influences that can be used to provide
appropriate analysis in carrying out future strategies. The purpose of this
research is to get the right strategy in dealing with a market that tends to
change but internally it is necessary to evaluate the strategy. This research
is qualitative descriptive by conducting internal interviews with PT Pertamina
Retail and internal and external data to support this research.
This study uses Porter's 5 Forces method to determine the competitive
position of the external environment which will also affect internal factors
using the Functional Analysis and BCG Matrix methods. This research was carried
out using SWOT with EFE and IFE measurements as a result of determining a
strategy as an appropriate and effective alternative in dealing with a dynamic
market
Kata Kunci : SWOT, BCG Matrix, 5 Forces Porter, Fuel & Gas Business