Laporkan Masalah

Strategi Transformasi Digital PT. ABC

Kevin Santioso, Mahfud Sholihin, Prof., Ph.D., Ak., CA., CPA (Aust)

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Strategi transformasi digital digunakan oleh banyak perusahaan untuk bertahan di tengah era bisnis yang disruptif. PT. ABC baru memulai proses transformasi digital sehingga diperlukan persiapan yang matang untuk melakukan strategi transformasi digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesiapan individu dalam menerima teknologi dengan menggunakan technology readiness index (TRI) dan menemukan manajemen perubahan dibutuhkan dalam melakukan transformasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk memformulasikan roadmap sebagai panduan perusahaan dalam melakukan transformasi digital berdasarkan hasil dari penilaian dan manajemen perubahan.

    
Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang didukung oleh deskriptif kuantitatif. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner dengan skala likert dan melalui wawancara semi-terstruktur dengan manajemen PT. ABC.  Hasil penelitian menunjukkan nilai TRI keseluruhan perusahaan yang tinggi, yaitu di angka 3,75/5,00. Namun, setiap divisi memiliki kecenderungan perilaku terhadap teknologi yang berbeda-beda. Divisi IT memiliki sikap pioneer sedangkan divisi lainnya memiliki sikap hesitator. Penilaian berdasarkan manajemen perubahan menunjukkan kurangnya pengetahuan yang dibutuhkan oleh karyawan dalam melakukan transformasi digital. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyusun roadmap yang terdiri dari 4 fase, yaitu fase persiapan dan strategi, fase pra-pemaparan, fase pemaparan, dan fase penguatan.

Digital transformation strategy is widely used by companies to survive in the middle of disruptive business era. The company ABC has just begun its digital transformation process hence the company needs a thorough preparation to do the strategy. This research objectives are to evaluate individual readiness for technology using technology readiness index (TRI) and to find the perfect change management that can be used to transform. This research also aims to formulate roadmap that guides company to do digital transformation based on the results and change management.


The method used involves qualitative approach which supported by quantitative descriptive. Primary data collection is using questionnaire with likert scale and semi-structured interview with the company’s management. Result indicates high overall company’s TRI at 3,75/5,00. However, each division has their own tendencies towards technology implementation. IT Division has pioneer behavior while the other divisions have hesitator behavior towards technology. Assessment based on change management shows a lack of the needed knowledge to do digital transformation strategy. Based on these results, researchers formulate a roadmap that contains 4 phases of change, these are preparation and strategy phase, pre-exposure phase, exposure phase, and reinforcement phase

Kata Kunci : transformasi digital, TRI, manajemen perubahan, ADKAR, roadmap

  1. S2-2023-501822-abstract.pdf  
  2. S2-2023-501822-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-501822-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-501822-title.pdf