Laporkan Masalah

CONSOLIDATION CURVE: A STUDY OF CEMENT COMPANIES IN INDONESIA

David Halim, Rimawan Pradiptyo, S.E., M.Sc., Ph.D

2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Industri semen Indonesia telah mengalami pertumbuhan luar biasa dan persaingan yang semakin ketat selama satu dekade terakhir, sehingga berkembang menjadi lanskap industri yang dinamis. Seiring dengan semakin matangnya industri ini, penting untuk mengkaji tahap konsolidasi yang ada saat ini dan pendekatan strategis yang digunakan oleh perusahaan semen yang beroperasi di dalamnya. Penelitian ini menyelidiki bagaimana perusahaan semen bertahan melalui kurva konsolidasi, yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas merger dan akuisisi, dan bagaimana tahap penting ini terwujud dalam strategi bisnis yang diadopsi oleh perusahaan-perusahaan di sektor tersebut. Dengan melakukan analisis komprehensif terhadap dinamika pasar melalui data industri semen, data historis perusahaan, dan strategi perusahaan, penelitian ini berupaya memberikan wawasan berharga mengenai perkembangan industri semen Indonesia, menyoroti lanskap persaingan dan tindakan strategisnya. dilakukan oleh para pemimpin industri untuk mengamankan posisi mereka di pasar yang semakin kompetitif.

The Indonesian cement industry has experienced remarkable growth and intensified competition over the last decade, evolving into a dynamic industry landscape. As this industry matures, it becomes imperative to examine its current consolidation stage and the strategic approaches employed by the cement companies operating within it. This research investigates how cement companies survive through the consolidation curve, characterised by heightened merger and acquisition activities, and how this pivotal stage manifests in the business strategies adopted by the companies in the sector. By conducting a comprehensive analysis of market dynamics through cement industry data, companies' historical data, and companies' strategy, this study seeks to provide valuable insights into the evolving nature of the Indonesian cement industry, shedding light on the competitive landscape and the strategic actions undertaken by industry leaders to secure their positions in an increasingly competitive marketplace.

Kata Kunci : cement industry, consolidation curve, structure- conduct- performance, business strategies, market dynamic, competitive market

  1. S2-2024-490255-abstract.pdf  
  2. S2-2024-490255-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-490255-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-490255-title.pdf