Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL AFEKTIF TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI PEMODERASI Studi Pada Guru SMK YPE di Kabupaten Cilacap

Intan Fernissa, C. Budi Santoso, Dr., M.Bus.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional afektif terhadap kinerja guru dengan kepemimpinan transformasional sebagai pemoderasi.  Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang menggunakan teknik sensus, dimana seluruh populasi menjadi sampelnya. Pengumpulan data dilakukan secara daring melalui google form yang disebarkan kepada guru SMK YPE di Kabupaten Cilacap. Sebanyak 118 responden diambil dan kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasional afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Variabel kepemimpinan transformasional memoderasi pengaruh komitmen organisasional afektif terhadap kinerja guru. Temuan ini menyarankan agar sekolah meningkatkan rasa kebanggaan guru terhadap sekolah dan memperkuat keterikatan mereka. Pemimpin transformasional perlu membangun kembali kepercayaan diri dan kemampuan untuk menginspirasi guru, serta menjadi lebih efektif dalam memberikan motivasi dan membangkitkan semangat kerja sehari-hari di sekolah.


This study aims to determine the effect of affective organizational commitment on teacher performance with transformational leadership as a moderator.  This research is a quantitative study using the census technique, where the entire population is sampled. Data collection was conducted online through a google form distributed to teachers of SMK YPE in Cilacap Regency. A total of 118 respondents were taken and then analyzed using the Partial Least Squares method (PLS-SEM) to test the research hypothesis. The results showed that affective organizational commitment has a positive and significant effect on teacher performance. Transformational leadership variable positively moderates the effect of affective organizational commitment on teacher performance. The findings suggest that schools should increase teachers' sense of pride in the school and strengthen their attachment. Transformational leaders need to rebuild their confidence and ability to inspire teachers, as well as be more effective in motivating and energizing daily work at school.

Kata Kunci : Kinerja guru, komitmen organisasional afektif, kepemimpinan transformasional

  1. S2-2023-500474-abstract.pdf  
  2. S2-2023-500474-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-500474-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-500474-title.pdf