Studi Numerik Pengaruh Jumlah Diffuser dan Sudut Air Grill Ducting AC Terhadap Distribusi Temperatur dan Kecepatan Udara di Dalam Kabin MC (Motor Car) Kereta Cepat Merah Putih (KCMP)
Fakhreza Areli, Ir. Fauzun, S.T., M.T.,M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN.Eng.
2023 | Skripsi | TEKNIK MESIN
Penguasaan teknologi di bidang transportasi
merupakan salah satu kunci mewujudkan impian Indonesia menjadi negara maju. Hal
ini dikarenakan sektor transportasi merupakan sektor yang mengatur bagaimana
mobilitas penduduk dapat berlangsung. Sarana dan prasarana transportasi yang
memadai tentunya akan membuat mobilitas penduduk semakin cepat sehingga
kegiatan perekonomian dan pembangunan dapat berlangsung dengan lebih efisien.
Salah satu sarana transportasi yang tengah dikembangkan di Indonesia adalah
kereta cepat oleh PT INKA melalui proyek Kereta Cepat Merah Putih (KCMP). Salah
satu aspek penting yang perlu dikaji dalam proyek KCMP ini adalah bagaimana
kenyamanan termal dari penumpang di dalam kereta yang meliputi distribusi
temperatur dan kecepatan udara di dalam kereta. Pada penelitian ini, dilakukan
simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan perangkat lunak
ANSYS Fluent 2020 R2 untuk meninjau dan menganalisis distribusi temperatur dan
kecepatan udara di dalam kabin kereta penumpang. Dalam prosesnya, dilakukan
simulasi terhadap 8 model geometri ducting yang terdiri dari 4 variasi jumlah diffuser
dan 4 variasi sudut air grill . Dari hasil simulasi, diperoleh bahwa
variasi jumlah diffuser terbaik ialah ducting dengan konfigurasi 20 air supply
diffuser dan 6 air return diffuser. Sedangkan untuk konfigurasi
sudut air grill terbaik adalah ducting
yang menggunakan air grill 45 derajat. Secara keseluruhan, ducting
dengan konfigurasi terbaik adalah ducting
variasi 5 dengan konfigurasi 20 air
supply diffuser dan 6 air return diffuser dengan sudut air grill 45 derajat yang mampu memenuhi kriteria
kenyamanan termal yang telah ditetapkan dimana temperatur ruangan berada sekitar
20oC hingga 26oC, kecepatan udara disekitar penumpang
berada dibawah 0.5 m/s, perbedaan temperatur antar penumpang tidak lebih dari
1.5oC, dan perbedaan temperatur dari kaki penumpang hingga kepala
tidak lebih dari 3oC.
The mastery of technology in the field of
transportation is one of the keys to realizing Indonesia's dream of becoming a
developed country. This is because the transportation sector regulates how the
mobility of the population can take place. Adequate transportation facilities
and infrastructure will undoubtedly make the mobility of the population faster,
allowing economic activities and development to proceed more efficiently. One
of the transportation facilities being developed in Indonesia is the high-speed
train by PT INKA through the Red and White High-Speed Train Project (KCMP). One
crucial aspect to be examined in this KCMP project is the thermal comfort of
passengers inside the train, including the distribution of temperature and
airspeed within the train. In this study, Computational Fluid Dynamics (CFD)
simulations were conducted using ANSYS Fluent 2020 R2 software to review and
analyze the distribution of temperature and airspeed inside the passenger train
cabin. In the process, simulations were performed on 8 ducting geometry models consisting of 4 variations in
the number of diffusers and 4 variations in the angle of air grill. From the
simulation results, it was found that the optimal variation in the number of
diffusers was ducting with a
configuration of 20 air supply diffusers and 6 air return diffusers. As for the
angle of air grill, the optimal configuration was ducting using 45 degree air grill. Overall, the ducting
with the best configuration was
variation 5 with a configuration of 20 air supply diffusers and 6 air return
diffusers with 45 degree air grill, meeting the established criteria for
thermal comfort, where the room temperature is below 26°C, the airspeed around
passengers is below 0.5 m/s, the temperature difference between passengers is
not more than 1.5°C, and the temperature difference from the feet to the head
of passengers is not more than 3°C.
Kata Kunci : Air Conditioning, Thermal Comfort, Computational Fluid Dynamics, Air Supply Diffuser, Air Return Diffuser, Ducting , Air Grill