Intensi Adopsi Business Intelligence pada UMKM: Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Perspektif Teori Kognitif Sosial
Bena Balatin Sudarman, Syaiful Ali, S.E., M.I.S., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi
Literatur tentang BI di UMKM masih kurang mendapat perhatian. Terlebih, banyak penelitian seringkali berasumsi bahwa UMKM memiliki tingkat minat yang rendah terhadap penggunaan BI. Studi ini bertujuan untuk memperbaiki kesenjangan ini dengan menguji pengaruh faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap sikap dan intensi penggunaan BI. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei online untuk pengumpulan data. Tanggapan sebanyak 170 UMKM dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa ekspektasi hasil merupakan katalis bagi sikap penggunaan BI, sedangkan keterbatasan pengetahuan, keterbatasan keterampilan, dan keterbatasan dukungan eksternal merupakan prediktor yang dapat menghambat UMKM dalam adopsi BI.
Analisis multi-kelompok juga dilakukan dengan fokus pada ukuran perusahaan untuk memahami perilaku UMKM terhadap adopsi intelijen bisnis. Studi ini berupaya memperluas penelitian sebelumnya dengan menerapkan social cognitive theory dan menyoroti pentingnya memahami konsep dualitas dalam penelitian adopsi TI. Memahami faktor pendukung dan faktor penghambat secara simultan adalah langkah yang diperlukan untuk mengembangkan teori penggunaan BI secara efektif sehingga penggunaan BI dapat ditingkatkan dan direalisasikan dengan lebih baik.
The literature on business intelligence in micro, small, and medium enterprises (MSMEs) remains insufficiently explored. Moreover, many studies often assume that MSMEs have a low level of interest in using BI. This study aims to correct this gap by examining the influence of supporting and inhibiting factors on attitudes and intentions to use BI. This research uses an online survey approach for data collection. Responses from 170 MSMEs were analyzed using SEM-PLS. The results show that outcome expectations are a catalyst for attitudes towards using BI, while limited knowledge, limited skills, and limited external support are predictors that can hinder MSMEs in adopting BI.
Multi-group analysis was also conducted with a focus on company size to understand MSME behavior towards business intelligence adoption. This study seeks to expand previous research by applying social cognitive theory and highlighting the importance of understanding the concept of duality in IT adoption research. Understanding supporting and inhibiting factors simultaneously is a necessary step to develop a theory of effective BI use so that BI use can be improved and better realized.
Kata Kunci : Business Intelligent; UMKM; teori kognitif sosial; konsep dualitas