Formulasi Strategi Penetrasi Pasar PT Macananjaya Cemerlang
Dinair Yusuf Masauddin, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
PT Macananjaya Cemerlang
merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan buku dan media cetak.
Dampak dari adanya pandemi Covid-19 terhadap fluktuasi penjualan, kondisi
persaingan dalam negeri yang dapat dikategorikan unggul sehingga sukar
melakukan penetrasi pasar dalam negeri sementara kapasitas produksi belum maksimal,
serta kebutuhan akan produk percetakan di luar negeri berdasarkan data Badan
Pusat Statistik meningkat, menjadikan PT Macananjaya Cemerlang perlu mengambil
langkah strategis untuk menjawab tantangan fenomena ini. PT Macananjaya
Cemerlang memilih langkah untuk melakukan penetrasi ke pangsa pasar yang lebih
luas melalui ekspor. Tujuan penlitian ini untuk mengidentifikasi dan
menganalisis faktor eksternal dan internal yang memengaruhi PT Macananjaya
Cemerlang dalam melakukan penetrasi pasar melalui ekspor dan untuk menentukan
strategi yang tepat berdasarkan peluang dan ancamannya. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan
kuesioner. Analisis eksternal menggunakan market analysis di Singapura sebagai
negara tujuan ekspor. Analisis rantai nilai pada penelitian ini menggunakan
Teknik pengumuplan data beruupa wawancara. Identifikasi kekuatan kunci
menggunakan kuesioner pada 6 manajer PT Macananjaya Cemerlang sehingga
memeroleh sumber daya dan kapabilitas perusahaan yang menjadi kekuatan kunci.
Analisis selanjutnya menggunakan VRIO model dengan acuan kuesioner lanjutan
yang diberikan kepada 6 manajer PT Macananjaya Cemerlang. Analisis selanjutnya
menggunakan SWOT yang mengabugkan faktor eksternal dan internal untuk
selanjutnya menajdi bahan pertimbangan penentuan strategi penetrasi pasar
berdasarkan Strategi Generik Porter. Hasil pada analisis rantai nilai
menunjukkan terdapat 35 aktivitas utama dan 28 aktivitas pendukung. Identfikasi
kekuatan kunci yaitu 21 sumber daya dan 11 kapabilitas. Analisis VRIO
menunjukkan terdapat 13 sumber daya dan 7 kapabilitas yang menjadi faktor utama
keunggulan bersaing berkelanjutan. Analisis SWOT mendukung pemilihan strategi
diferensiasi produk pada pangsa pasar yang terfokus (niche market) sebagai
strategi yang layak diterapkan PT Macananjaya Cemerlang.
PT Macananjaya Cemerlang
is a company operating in the field of book printing and print media. The
impact of the Covid-19 pandemic on sales fluctuations, domestic competitive
conditions which can be categorized as superior making it difficult to
penetrate the domestic market while production capacity is not yet optimal, as
well as the need for printing products abroad based on data from the Central
Statistics Agency has increased, making PT Macananjaya Cemerlang needs to take
strategic steps to answer the challenges of this phenomenon. PT Macananjaya
Cemerlang chose to penetrate a wider market share through exports. The aim of
this research is to identify and analyze external and internal factors that
influence PT Macananjaya Cemerlang in penetrating the market through exports
and to determine the right strategy based on opportunities and threats. Data
collection methods in this research are literature study, interviews,
observation, and questionnaires. External analysis uses market analysis in
Singapore as an export destination country. Value chain analysis in this
research uses data collection techniques in the form of interviews. Identify
key strengths using a questionnaire on 6 managers of PT Macananjaya Cemerlang
so as to obtain the company's resources and capabilities which are key
strengths. The next analysis uses the VRIO model with reference to a follow-up
questionnaire given to 6 managers of PT Macananjaya Cemerlang. The next
analysis uses SWOT which combines external and internal factors to further
become a consideration for determining market penetration strategies based on Porter's
Generic Strategies. The results of the value chain analysis show that there are
35 main activities and 28 supporting activities. Identify key strengths, namely
21 resources and 11 capabilities. VRIO analysis shows that there are 13
resources and 7 capabilities that are the main factors for sustainable
competitive advantage. SWOT analysis supports the selection of a product
differentiation strategy in a focused market share (niche market) as a strategy
that is feasible for PT Macananjaya Cemerlang to implement.
Kata Kunci : Analisis Rantai Nilai, Kekuatan Kunci, VRIO, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, SWOT, Strategi Generik Porter