Laporkan Masalah

Formulasi Strategi Penetrasi Pasar PT Macananjaya Cemerlang

Dinair Yusuf Masauddin, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

PT Macananjaya Cemerlang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan buku dan media cetak. Dampak dari adanya pandemi Covid-19 terhadap fluktuasi penjualan, kondisi persaingan dalam negeri yang dapat dikategorikan unggul sehingga sukar melakukan penetrasi pasar dalam negeri sementara kapasitas produksi belum maksimal, serta kebutuhan akan produk percetakan di luar negeri berdasarkan data Badan Pusat Statistik meningkat, menjadikan PT Macananjaya Cemerlang perlu mengambil langkah strategis untuk menjawab tantangan fenomena ini. PT Macananjaya Cemerlang memilih langkah untuk melakukan penetrasi ke pangsa pasar yang lebih luas melalui ekspor. Tujuan penlitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor eksternal dan internal yang memengaruhi PT Macananjaya Cemerlang dalam melakukan penetrasi pasar melalui ekspor dan untuk menentukan strategi yang tepat berdasarkan peluang dan ancamannya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan kuesioner. Analisis eksternal menggunakan market analysis di Singapura sebagai negara tujuan ekspor. Analisis rantai nilai pada penelitian ini menggunakan Teknik pengumuplan data beruupa wawancara. Identifikasi kekuatan kunci menggunakan kuesioner pada 6 manajer PT Macananjaya Cemerlang sehingga memeroleh sumber daya dan kapabilitas perusahaan yang menjadi kekuatan kunci. Analisis selanjutnya menggunakan VRIO model dengan acuan kuesioner lanjutan yang diberikan kepada 6 manajer PT Macananjaya Cemerlang. Analisis selanjutnya menggunakan SWOT yang mengabugkan faktor eksternal dan internal untuk selanjutnya menajdi bahan pertimbangan penentuan strategi penetrasi pasar berdasarkan Strategi Generik Porter. Hasil pada analisis rantai nilai menunjukkan terdapat 35 aktivitas utama dan 28 aktivitas pendukung. Identfikasi kekuatan kunci yaitu 21 sumber daya dan 11 kapabilitas. Analisis VRIO menunjukkan terdapat 13 sumber daya dan 7 kapabilitas yang menjadi faktor utama keunggulan bersaing berkelanjutan. Analisis SWOT mendukung pemilihan strategi diferensiasi produk pada pangsa pasar yang terfokus (niche market) sebagai strategi yang layak diterapkan PT Macananjaya Cemerlang.

PT Macananjaya Cemerlang is a company operating in the field of book printing and print media. The impact of the Covid-19 pandemic on sales fluctuations, domestic competitive conditions which can be categorized as superior making it difficult to penetrate the domestic market while production capacity is not yet optimal, as well as the need for printing products abroad based on data from the Central Statistics Agency has increased, making PT Macananjaya Cemerlang needs to take strategic steps to answer the challenges of this phenomenon. PT Macananjaya Cemerlang chose to penetrate a wider market share through exports. The aim of this research is to identify and analyze external and internal factors that influence PT Macananjaya Cemerlang in penetrating the market through exports and to determine the right strategy based on opportunities and threats. Data collection methods in this research are literature study, interviews, observation, and questionnaires. External analysis uses market analysis in Singapore as an export destination country. Value chain analysis in this research uses data collection techniques in the form of interviews. Identify key strengths using a questionnaire on 6 managers of PT Macananjaya Cemerlang so as to obtain the company's resources and capabilities which are key strengths. The next analysis uses the VRIO model with reference to a follow-up questionnaire given to 6 managers of PT Macananjaya Cemerlang. The next analysis uses SWOT which combines external and internal factors to further become a consideration for determining market penetration strategies based on Porter's Generic Strategies. The results of the value chain analysis show that there are 35 main activities and 28 supporting activities. Identify key strengths, namely 21 resources and 11 capabilities. VRIO analysis shows that there are 13 resources and 7 capabilities that are the main factors for sustainable competitive advantage. SWOT analysis supports the selection of a product differentiation strategy in a focused market share (niche market) as a strategy that is feasible for PT Macananjaya Cemerlang to implement.

Kata Kunci : Analisis Rantai Nilai, Kekuatan Kunci, VRIO, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, SWOT, Strategi Generik Porter

  1. S2-2023-489844-abstract.pdf  
  2. S2-2023-489844-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-489844-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-489844-title.pdf