Laporkan Masalah

Perancangan Model Bisnis B2B Tambak Udang Vaname Terdigitalisasi

Rizaldy Nuriansyah, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model bisnis yang menggunakan pendekatan Business to Business (B2B) untuk tambak udang vaname yang terdigitalisasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan dari model bisnis yang dirancang, dengan harapan bahwa inovasi ini akan memberikan kemudahan bagi pihak-pihak yang memerlukan. Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali fenomena yang terjadi dalam masyarakat, serta untuk menciptakan bisnis yang dapat memberikan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam sektor akuakultur yang ingin berperan aktif dalam pengembangan bisnis tambak udang vaname.

Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Wawancara tersebut dilakukan dengan berbagai pihak perusahaan yaitu calon mitra pemasok sistem kontrol, calon pelanggan potensial, dan pelaku bisnis yang terlibat dalam tambak udang vaname yang telah terdigitalisasi. Dalam analisis data, digunakan dua teknik utama, yaitu analisis konten dan analisis kualitatif. Hasil dari analisis data ini digunakan untuk merangkai kerangka kerja bisnis untuk tambak udang vaname terdigitalisasi. Kerangka kerja ini terdiri dari beberapa komponen, Rencana Keuangan, Analisis Sensitivitas Keuangan, Analisis Risiko, Strategi Keluar, dan Rencana Aksi Perusahaan.

Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa total investasi awal yang diperlukan untuk bisnis tambak udang vaname terdigitalisasi mencapai Rp 780,490,00, sementara pendapatan bersih atau Net Present Value (NPV) yang dihasilkan dalam lima tahun pertama adalah sekitar Rp 364,970,862. Selain itu, tingkat pengembalian internal (IRR) sebesar 27%, dan periode pengembalian investasi (Payback Periodselama dalam waktu 2 Tahun 10 Bulan. Oleh karena itu, hasil tersebut menyatakan bahwa perancangan model bisnis untuk tambak udang vaname ini dapat dianggap sebagai investasi yang layak untuk dijalankan.

The aim of this research is to develop a business model that uses a Business to Business (B2B) approach for digitalized vaname shrimp farming. Apart from that, this research also aims to test the feasibility of the designed business model, with the hope that this innovation will provide convenience for parties who need it. This research was carried out to explore phenomena that occur in society, as well as to create a business that can provide useful solutions for the Indonesian people, especially in the aquaculture sector who want to play an active role in developing the vaname shrimp farming business.

In this research, data was collected through in-depth interviews. These interviews were conducted with various company parties, namely potential control system supplier partners, potential customers, and business people involved in digitalized vaname shrimp farming. In data analysis, two main techniques are used, namely content analysis and qualitative analysis. The results of this data analysis are used to develop a business framework for digitalized vaname shrimp farming. This framework consists of several components, Financial Plan, Financial Sensitivity Analysis, Risk Analysis, Exit Strategy, and Corporate Action Plan. 

The results of this research indicate that the total initial investment required for a digitalized vaname shrimp farming business reaches IDR 780,490.00, while the net income or Net Present Value (NPV) generated in the first five years is around IDR 364,970,862. Apart from that, the internal rate of return (IRR) is 27%, and the investment return period (Payback Period) is 2 years and 10 months. Therefore, these results state that designing a business model for vaname shrimp ponds can be considered a worthy investment.

Kata Kunci : Model Binis B2B, Tambak Udang Vaname Terdigitalisasi, kanvas model bisnis, Analisis Sensitivitas Keuangan / B2B Business Model, Digitalized Vaname Shrimp Farm, business model canvas, Financial Sensitivity Analysis

  1. S2-2023-490362-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490362-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490362-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490362-title.pdf