Laporkan Masalah

Pentingnya kecerdasan buatan yang transparan dan dapat dijelaskan melalui model natural language processing

HANS DARMAPUTRA, Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Dalam beberapa tahun terakhir, bidang kecerdasan buatan sudah berkembang secara eksponensial. Oleh karena itu, patut dimaklumi apabila ada kecemasan terhadap kecerdasan buatan, sama seperti teknologi baru lainnya. Agar kecerdasan buatan dapat diterima oleh semua orang, sangatlah penting untuk segala keraguan terhadap kecerdasan buatan untuk dibersihkan, sehingga kepercayaan terhadap kecerdasan buatan dapat dimulai. Untuk membersihkan keraguan ini, dan untuk mulai membuat kepercayaan, sangatlah penting untuk menekankan kecerdasan buatan yang transparan dan dapat dijelaskan. Kecerdasan buatan yang transparan dan dapat dijelaskan berarti model tersebut dapat menjelaskan bagaimana dan mengapa mereka mencapai keputusan tertentu. Hal ini akan sangat membantu dalam memahami cara kerja model kecerdasan buatan, dan oleh karena itu akan membantu dalam membangun dan memelihara kepercayaan terhadap kecerdasan buatan, yang akan membantu integrasi lebih lanjut dari kecerdasan buatan ke dalam masyarakat. Penelitian ini berfokus pada penggunaan natural language processing sebagai contoh model kecerdasan buatan. Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan lebih lanjut betapa pentingnya kecerdasan buatan yang transparan dan dapat dijelaskan jika kita ingin lebih mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam kehidupan kita.


In recent years, the field of artificial intelligence has been growing exponentially. Understandably, there are growing fears regarding artificial intelligence, just like any other new technology. In order for artificial intelligence to be widely accepted by everyone, it is important that any doubt regarding artificial intelligence is cleared, so that trust regarding artificial intelligence can be created. In order to clear these doubts, and for trust to be made, it is important that transparent and explainable artificial intelligence to be enforced. Transparent and explainable artificial intelligence means that the decision made by the model is clear, and that the model would be able to explain why and how they come to a certain conclusion. This will help tremendously in understanding the way artificial intelligence model worked, and therefore it will help in building and maintaining trust into artificial intelligence, which will help with further integration of artificial intelligence into society. This research focused on the usage of natural language processing as an example of artificial intelligence models. This research will hopefully further prove how important transparent and explainable artificial intelligence is if we want to further integrate artificial intelligence into our lives.

Kata Kunci : Kecerdasan buatan, natural language processing, transparansi, dapat dijelaskan, kepercayaan, keputusan, masyarakat.

  1. S2-2023-465255-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465255-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465255-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465255-title.pdf