Laporkan Masalah

Tuturan Eksklamatif pada Judul Video YouTube Bertema Dakwah: Studi Kasus Kanal YouTube Mufti Menk

Rizqi Yusnitasari, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A.

2023 | Tesis | S2 Linguistik

Fenomena netspeak (pemakaian bahasa lisan dalam wacana tertulis di internet), kini memberikan warna baru pada penulisan wacana, termasuk di antaranya pada judul di media sosial. Adapun kanal YouTube dakwah Mufti Menk adalah salah satu contoh yang mencerminkan pengaruh netspeak (yang dapat dilihat dari penggunaan tuturan eksklamatif pada judul videonya).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tuturan eksklamatif pada judul video di kanal YouTube tersebut serta mengungkap fungsi tuturan dan faktor sosial yang mempengaruhinya. Adapun penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Bentuk tuturan dalam penggunaannya sebagai judul dikaji dari segi susunan sintaksisnya dengan metode agih. Selanjutnya, fungsi tuturan dikaji dengan metode padan pragmatik menggunakan teori tindak tutur ilokusi dan perlokusi Searle (1979). Kemudian, faktor sosial yang mempengaruhi tuturan dikaji dengan teori SPEAKING dari Hymes (2001).

Hasil analisis menunjukkan bahwa tuturan eksklamatif yang diteliti terrealisasi dalam bentuk frasa, kalimat tunggal, kalimat majemuk, dan kalimat kompleks (beberapa dilengkapi dengan interjeksi) serta menggunakan beberapa instrumen sintaksis dengan fungsi tertentu. Tuturan eksklamatif yang diteliti juga  menunjukkan fungsi ilokusi direktif dengan kategori memperingatkan, mengingatkan, menasihati, memotivasi, mengarahkan, dan mengajak. Sebagai judul, tuturan eksklamatif ini juga menjalankan peran tindak tutur perlokusi yang mempengaruhi pengunjung kanal agar mau membuka isi video. Efek perlokusi diperkuat dengan unsur keterkejutan pada tuturan eksklamatif yang membuat judul lebih menyentak dan menggungah rasa ingin tahu pembacanya. Adapun faktor sosial yang mempengaruhi tuturan eksklamatif ini yaitu faktor participants (peserta tutur), ends (tujuan tuturan), act of sequence (rangkaian tindakan), key (kunci), instrumentalities (alat/media), norms (norma), dan genre (tipe tuturan).

Netspeak (the use of oral language in written discourse in the internet) gives some influence in written discourse, including title discourse in social media. The example of this phenomenon can be observed in Mufti Menk YouTube da’wah channel (by observing the exclamations used in its video titles).

The aims of this research are to describe the form of exclamations in the video titles of Mufti Menk YouTube channel and to identify the function and social factors that influence it. This research is a descriptive qualitative research which uses case study approach. The form of the exclamation as video titles were analyzed syntactically by using agih method. The functions were analyzed pragmatically using the illocution and perlocution theory of Searle (1979) while the social factors were analyzed by using Hymes (2001) SPEAKING theory.

The research result shows that the exclamations are in the form of phrases, simple sentences, compound sentences, and complex sentences (some of them use interjection) with certain syntactic instruments. The exclamations in the data also functions as directive illocutionary act, which consist of some categories, i.e. warning, reminding, advising, motivating, directing, and inviting. As video titles, the exclamations also act as perlocutionary speech act, which functions to influence people to open and watch the videos. In addition, the surprising content of exclamations gives shocking effect that triggers people’s curiosity (strenghten the perlocutionary effect).  Whereas for the social factors, the exclamations are influenced by some factors, i.e participants, ends, act of sequence, key, instrumentalities, norms, and genre. 

Kata Kunci : tuturan eksklamatif, judul, YouTube, dakwah, faktor sosial

  1. S2-2023-489337-abstract.pdf  
  2. S2-2023-489337-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-489337-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-489337-title.pdf