Perbandingan Volume dan Diagram Mass Haul Antara Metode Borrow Pit dan Contour Area Dengan Metode Cross Section
Candra Kurniawan, Dr. Ir. Bambang Kun Cahyono, S.T., M.Sc.
2023 | Skripsi | TEKNIK GEODESI
Perhitungan
volume galian dan timbunan pada pekerjaan pembangunan jalan tol yang bersifat
area koridor umumnya menggunakan metode dengan pendekatan sections (sections volume)
seperti metode prismoida, average end
area, dan mean area. Perhitungan
volume galian dan timbunan pada pekerjaan jalan dapat diintegrasikan dalam
bentuk diagram mass haul. Diagram mass haul merupakan grafik yang
menginterpretasikan penggunaan volume tanah yang dipakai atau tidak dipakai
pada setiap stasiun atau rentang jarak tertentu. Selain perhitungan volume pada
area koridor, terdapat metode perhitungan pada area luasan, yaitu metode borrow pit dan contour area. Jika pada dasarnya area koridor merupakan area luasan
yang diperpanjang, maka diasumsikan bahwa metode luasan juga bisa dipakai pada
area panjang walaupun kurang efektif secara perhitungan. Dari hal tersebut
dibutuhkan penelitian mengenai perbandingan hasil volume galian dan timbunan, serta
hasil diagram mass haul antara metode
section volume, yaitu metode prismoida dengan metode borrow pit dan contour area. Keunggulan metode luasan adalah dapat menghitung dan
menggambarkan volume pada permukaan yang memiliki kontur variatif, sehingga
diharapkan metode luasan dapat menjadi alternatif perhitungan volume pada
pekerjaan jalan tol. Data yang digunakan adalah desain jalan tol dalam bentuk
alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, desain assembly jalan dan jembatan pada STA 49+000 hingga 59+000, serta
topografi eksisting yang diolah menggunakan AutoCAD Civil 3D 2018. Pengolahan
data dilakukan dengan memperhitungkan volume menggunakan ketiga metode pada
setiap rentang jarak stations sebesar
25 meter. Dari hasil volume galian dan timbunan tersebut, dapat diintegrasikan
menjadi diagram mass haul menggunakan
ketiga metode perhitungan yang diujikan. Analisis dilakukan dengan melakukan
uji signifikansi berpasangan dan pengujian selisih volume menggunakan standar American Society for Testing and Materials
(ASTM) pada seluruh volume rentang jarak stations
sebesar 25 meter, serta analisis visual dan numerik pada hasil diagram mass haul menggunakan metode prismoida dengan metode borrow pit dan contour area. Hasil uji statistik dan perhitungan selisih volume
menggunakan standar ASTM menunjukan bahwa perhitungan volume menggunakan metode
prismoida tidak berbeda secara
signifikan dengan metode contour area dan
borrow pit. Namun, pada analisis
visual dan numerik terhadap hasil diagram mass
haul menunjukan bahwa metode prismoida
memiliki beberapa perbedaan dengan metode contour area dan borrow pit.
Selisih perhitungan volume pekerjaan tanah akhir antara metode prismoida dengan contour area sebesar 1.880,62 m3, sedangkan selisih
perhitungan volume pekerjaan tanah akhir antara metode prismoida dengan borrow pit
sebesar 30.357,24 m3. Dari pengujian tersebut, dapat disimpulkan
bahwa metode contour area dapat
digunakan sebagai metode alternatif dalam perhitungan volume galian dan
timbunan pada pekerjaan pembangunan jalan tol, sedangkan metode borrow pit tidak disarankan digunakan
sebagai metode perhitungan volume alternatif perhitungan volume pekerjaan jalan
tol.
Calculation
of the volume of excavation and embankment in toll road construction work which
is of an corridor area generally uses methods with the help of sections
(sections volume) such as the prismoida method, average end area and mean area.
Calculation of the volume of excavation and embankment in road works can be
integrated in the form of a mass haul diagram. A mass haul diagram is a graph
that interprets the volume of land used or not used at each station or a
certain range of distances. In addition to calculating the volume in the corridor
area, there are calculation methods for the extended area, namely the borrow
pit and contour area methods. If basically the corridor area is an extended
area, then it is assumed that the area method can also be used on long areas
even though it is not computationally effective. From this, research is needed
regarding the comparison of the results of the volume of excavation and
embankment, as well as the results of the mass haul diagram between the section
volume method, namely the prismoida method with the borrow pit and contour area
methods. The advantage of the area method is that it can calculate and describe
the volume on surfaces that have varied contours, so it is hoped that the area
method can be an alternative for volume calculations on toll road works. The
data used are toll road designs in the form of horizontal alignment, vertical
alignment, road and bridge assembly designs at STA 49+000 to 59+000, as well as
existing topography which is processed using AutoCAD Civil 3D 2018. Data
processing is carried out by calculating volume using the three methods at each
station distance range of 25 meters. From the results of the excavation and
embankment volumes, it can be integrated into a mass haul diagram using the
three calculation methods tested. Analysis was carried out by carrying out
paired significance tests and volume difference tests using the American
Society for Testing and Materials (ASTM) standards for all volumes at a
distance of 25 meters stations, as well as visual and numerical analysis on the
results of the mass haul diagram using the prismoida method with the borrow pit
method and contour area. Statistical test results and volume difference
calculations using ASTM standards show that volume calculations using the
prismoide method are not significantly different from the contour area and
borrow pit methods. However, visual and numerical analysis of the results of
the mass haul diagram shows that the prismoida method has several differences
from the contour area and borrow pit methods. The difference in calculating the
volume of final earthwork between the prismoid method and the contour area is
1.880,62 m3, while the difference in calculating the volume of final earthwork
between the prismoid method and the borrow pit is 30.357,24 m3. From these
tests, it can be concluded that the contour area method can be used as an
alternative method in calculating the volume of excavation and embankment in
toll road construction work, while the borrow pit method is not recommended to
be used as an alternative volume calculation method for calculating the volume
of toll road work.
Kata Kunci : Diagram Mass Haul, Volume Galian, Volume Timbunan, Uji Statistik, Perhitungan Volume metode Prismoida, Contour Area dan Borrow Pit