The Relationship of Celebrity Endorsers on Donation Willingness in Kitabisa: A Survey Amongst Kitabisa Donors
Berlianadhara Tintan Citha Setya, Acniah Damayanti, S.I.P., M.Sc.
2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Penelitian ini menyelidiki hubungan dukungan selebriti dan kesediaan mereka dalam Kitabisa sebagai platform crowdfunding dengan mempertimbangkan daya tarik sumber, kredibilitas sumber, dan kesesuaian selebriti dalam memilih selebriti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 422 responden yang berpengalaman dalam donasi Kitabisa. Oleh karena itu, variabel independen (dukungan selebriti) dan variabel dependen (kesediaan berdonasi) berkorelasi kuat dan positif. Variabel celebrity endorser mempunyai hubungan yang kuat dan positif dengan nilai koefisien korelasinya. Penelitian ini menekankan pentingnya kesan audiens terhadap celebrity endorser dalam membentuk sikap kesediaan berdonasi. Dukungan selebriti telah terbukti menjadi strategi efektif untuk memikat penyandang dana agar berkampanye di situs crowdfunding sosial. Temuan ini menyoroti potensi memanfaatkan selebriti pendukung pada platform crowdfunding dan menawarkan implikasi pemasaran yang nyata kepada pemasar.
This research investigates the relationship of celebrity endorsement and their willingness in Kitabisa as crowdfunding platform by considering the source attractiveness, source credibility, and celebrity-cause fit in selecting the celebrity. It adopted the quantitative approach with the survey method involving 422 respondents experienced in a Kitabisa donation. Consequently, the independent variable (celebrity endorsement) and the dependent variable (donation willingness) correlate strongly and positively. The celebrity endorser variable presents a strong and positive relationship with the correlation coefficient value. This study emphasizes the importance of audience impressions of celebrity endorsers in forming attitudes in willingness to donate. Celebrity endorsements have been shown to be an effective strategy for luring funders to campaigns on social crowdfunding sites. The findings highlight the potential of leveraging celebrity endorsers on crowdfunding platforms and offer marketers concrete marketing implications.
Kata Kunci : Kitabisa, Audience Perception, Donation Willingness, Celebrity Endorser, Source Attractiveness, Source Credibility, Celebrity - Cause Fit.