Daya Saing Kopi Indonesia di Pasar Internasional
Putri Nurainningtyas, Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, S.U.; Arini Wahyu Utami, S.P., M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)
Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Kopi menjadi salah satu potensi besar bagi Indonesia khususnya dalam kegiatan ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar internasional; dan (2) mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekspor kopi Indonesia di pasar internasional. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan data sekunder berupa data time series tahun 1991-2020. Metode analisis yang digunakan berupa metode analisis Revealed Comparative Advantage (RCA), Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA), dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis mengungkapkan bahwa (1) kopi Indonesia telah memiliki keunggulan komparatif dan berdaya saing ekspor dengan rerata nilai RCA dan RSCA selama 30 tahun berturut-turut 5,37 dan 0,70; serta (2) faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap ekspor kopi Indonesia di pasar internasional yaitu nilai RCA kopi Indonesia, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, dan harga ekspor kopi Brazil dengan pengaruh positif. Sementara harga ekspor kopi Indonesia dan tingkat inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia di pasar internasional.
Indonesia is one of the largest coffee exporting countries in the world after Brazil, Vietnam, and Colombia. Coffee is one of the great potentials for Indonesia, especially in export activities. This study aims to (1) determine the competitiveness of Indonesian coffee exports in the international market; and (2) knowing the factors affecting Indonesian coffee exports in the international market. The basic method used is quantitative descriptive with secondary data in the form of time series data from 1991-2020. The analysis methods used are Revealed Comparative Advantage (RCA), Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA), and multiple linear regression analysis. The analysis result confidently revealed that (1) Indonesian coffee has had comparative advantages and export competitiveness with an average RCA and RSCA value for 30 consecutive years of 5.37 and 0.70; (2) factors that have a significant effect on Indonesian coffee exports in the international market are the RCA value of Indonesian coffee, the exchange rate of the rupiah against the United States dollar, and the price of Brazilian coffee exports with a positive influence. Meanwhile, Indonesian coffee export prices and inflation rates do not have a significant effect on the volume of Indonesian coffee exports in the international market.
Kata Kunci : Daya Saing, Ekspor, Kopi, RCA, RSCA