Analisis Persepsi Mahasiswa Vokasi terhadap Akuntansi dan Profesi Akuntan
Adhitya Latif Prahesta, Rumiyati, S.E., M.Sc., CMA., CAPF., CAPM
2023 | Tugas Akhir | D4 Akuntansi Sektor Publik
Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa vokasi terhadap akuntansi dan profesi akuntan di Indonesia. Hal ini karena ditemukan bahwa terdapat persepsi negatif terhadap akuntansi dan profesi akuntan di seluruh dunia. Pemahaman persepsi yang lebih baik akan memberikan dampak yang signifikan terhadap citra akuntansi dan profesi akuntan. Peneliti menggunakan sumber data primer dengan menyebarkan kuesioner dengan skala likert sebagai instrumen penelitian. Instrumen penelitian berisi empat kategori persepsi, yaitu kebosanan, ketepatan, kepastian, dan status sosial. Teknik analisis data yang digunakan uji mann-whitney. Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perbedaan persepsi mahasiswa dari program studi akuntansi sektor publik dan non akuntansi sektor publik terhadap akuntansi dan profesi akuntan. Mahasiswa non akuntansi sektor publik cenderung memiliki persepsi negatif terhadap akuntansi dan profesi akuntan dibandingkan mahasiswa dari program studi akuntansi sektor publik. Pada pengujian terhadap keempat kategori, yaitu kebosanan, ketepatan, kepastian, dan status sosial ditemukan bahwa mahasiswa vokasi non akuntansi cenderung memiliki persepsi negatif terhadap akuntansi dan profesi akuntan. Selain itu, ditemukan bahwa mahasiswa vokasi akuntansi memiliki persepsi yang lebih positif terhadap akuntansi dan profesi akuntan berdasarkan keempat kategori.
This research aim to investigate vocational students' perceptions toward
accounting and accountant profession in Indonesia. This is because it has been
found that there is a negative perception of accounting and the accountant
profession worldwide. A better understanding of these perceptions will have a
significant impact on the image of accounting and accountant profession.
Researchers used primary data sources by distributing a questionnaire with a
Likert scale as the research instrument. The research instrument consists of four
perception categories: boredom, accuracy, certainty, and social status. The data
analysis technique used was the Mann-Whitney test. This study found that there is
a significant difference in terms of students perception from public sector
accounting and non-public sector accounting programs toward accounting and
accountant profession. Non-public sector accounting vocational students tend to
have a more negative perception of accounting and accountant profession
compared to students from public sector accounting program. In testing across the
four categories, namely boring, precise, definite, and social status, it was found that
non-accounting vocational students tend to have a negative perception of
accounting and the accountant profession. Furthermore, it was found that
accounting vocational students have a more positive perception of accounting and
the accountant profession based on the four categories.
Kata Kunci : Persepsi, mahasiswa vokasi, akuntansi, profesi akuntan, kebosanan, ketepatan, kepastian, status sosial; Perception, vocational student, accounting, accountant profession, boring, precise, definite, social status