Laporkan Masalah

Analisis Implikatur Pada Wacana Iklan Elektronik Coway Dibintangi Boy Group BTS

Kholidah Hanum, Dr. Achmad Rio Dessiar, B.A., M.A.

2023 | Skripsi | BAHASA KOREA

Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan jenis implikatur dan maksim yang memuatnya dalam wacana iklan elektronik Coway yang dibintangi boygroup BTS. Tuturan dalam iklan elektronik Coway yang dibintangi boygroup BTS dipilih sebagai objek karena mengandung pesan-pesan tersirata yang ingin disampaikan kepada khalayak umum untuk menarik hati pembeli. Penelitian ini termasuk penelitian  deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks dialog percakapan yang terdapat dalam iklan elektronik Coway yang dibintangi boygroup BTS. Kemudian data dikumpulkan menggunakan metode simak dan menggunakan teknik catat. Dalam memahami pesan wacana iklan tersebut data-data yang telah dikumpulkan dianalisis berdasarkan teori implikatur Yule.

Hasil dari penelitian ini ditemukan empat jenis implikatur yang digunakan dalam iklan elektronik Coway yang dibintangi boygroup BTS, yaitu sepuluh implikatur percakapan umum, delapan implikatur percakapan khusus, tiga implikatur percakapan berskala, dan dua implikatur konvensional. Selain itu, ditemukan juga empat jenis maksim percakapan yang termuat dalam implikatur percakapan yaitu limamaksim kuantitas, tiga maksim kualitas, sepuluh maksim relevansi, dan tiga maksim cara. Secara keseluruhan pesan tersirat yang ditemukan dalam implikatur percakapan yaitu para anggota BTS membahas informasi tentang kelebihan, fungsi, jenis, filter, dan perawatan dari alat pemurni air atau pemurni air es dan atau penjernih udara Coway. 


This thesis aims to explain the types of implicatures and the conversational maxims that contain them in the discourse of Coway electronic advertisements starring boy group BTS. The speech in Coway's electronic advertisement starring the boy group BTS was chosen as the object because it contains implied messages that want to be conveyed to the general public to attract buyers. This research includes descriptive qualitative and quantitative research. The data source used in this research is in the form of conversational dialog text contained in Coway electronic advertisements starring boy group BTS. Then the data is collected using the listening method and using the note-taking technique. In understanding the message of the advertising discourse, the data that has been collected is analyzed based on Yule's theory of implicature.

The results of this study found four types of implicatures used in Coway electronic advertisements starring the boy group BTS, namely ten general conversational implicatures, eight specific conversational implicatures, three scale conversational implicatures, and two conventional implicatures. In addition, there are also four types of conversational maxims contained in the conversational implicatures, namely five maxim of quantity, three maxim of quality, ten maxim of relevance, and three maxim of manner. Overall, the implied message found in the conversational implicature is that BTS members talk about the advantages, functions, types, filters, and maintenance of Coway water purifiers or ice water purifiers and/or air purifiers.


Kata Kunci : Implikatur Percakapan, Maksim Percakapan, Iklan, Coway, BTS

  1. S1-2023-439498-abstract.pdf  
  2. S1-2023-439498-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-439498-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-439498-title.pdf