Laporkan Masalah

Pengaruh Sentimen Berita yang Diperkuat oleh Fear of Missing Out (FOMO) Media Sosial terhadap Return Saham GOTO

Otto Hendriawan Sampurno, Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc., CA.

2023 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh sentimen berita yang diperkuat oleh Fear of Missing Out (FOMO) terhadap return saham GOTO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan persamaan Moderated Regression Analysis (MRA). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Yahoo Finance dan media-media berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen berita berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap return saham GOTO. Sedangkan FOMO hanya mampu memperkuat pengaruh sentimen berita terhadap return saham GOTO dalam periode yang pendek. 

The study aims to examine the effect of news sentiment reinforced by Fear of Missing Out (FOMO) on GOTO stock return. This study uses a quantitative method analysis using the Moderated Regression Analysis (MRA). The data used in this study are secondary data obtained from Yahoo Finance and news media. The result of the study showed that news sentiment had a positive and significant effect on GOTO stock return. Meanwhile, FOMO can only strengthen the effect of news sentiment on GOTO stock return in a short period.

Kata Kunci : Sentimen, FOMO, Return

  1. S1-2023-444759-abstract.pdf  
  2. S1-2023-444759-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444759-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444759-title.pdf