Laporkan Masalah

Pesan Edukasi Kecantikan melalui Video YouTube (Analisis Isi Kualitatif Video tentang Sunscreen di Kanal YouTube Beauty Influencer Liah Yoo)

Puput Kurniasari, Dr. Ardian Indro Yuwono, S.I.P., M.A.

2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Konten yang melimpah di media media sosial bersamaan dengan kehadiran para influencer yang semakin banyak tidak serta merta mengindikasikan pada konten berisi informasi yang berkualitas, justru tidak jarang ditemukan misinformasi sebagai akibat dari masifnya persebaran informasi. Namun sebagai kontradiksinya, konten yang mengandung pesan edukasi pun tersedia. Liah Yoo adalah seorang beauty influencer yang melalui video di kanal YouTube-nya ia menyampaikan pesan edukasi kecantikan, lebih spesifik yakni pesan edukasi kecantikan tentang sunscreen.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara-cara apa saja yang digunakan Liah Yoo dalam menyampaikan pesan eduikasi kecantikan tentang sunscreen melalui videonya. Menggunakan metode analisis isi kualitatif, dua video Liah Yoo yang dipilih kemudian dikaji untuk menemukan indikator-indikator tiap unsur pesan edukasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Liah Yoo menyampaikan pesan edukasi kecantikan dengan beragam cara dan bentuk yang selain mewujudkan pesan edukasi kecantikan itu sendiri, juga mengindikasikan eksistensi praktik komunikasi kesehatan hingga komunikasi sains. Unsur-unsur dominan yang muncul di dalam dua video Liah Yoo tersebut berupa penjelasan ilmiah, opini atau komentar, pesan persuasif, dan cuplikan teks. Hal tersebut dapat menimbulkan kesadaran dan pemahaman, mempengaruhi, bahkan menuntun pada progres tindakan serta kontribusi kultur kecantikan sekaligus kesehatan kulit yang baik bagi para audiens. 


The abundance of content on social media along with the presence of more and more influencers does not necessarily indicate that the content contains quality information, it is not uncommon to find misinformation as a result of the massive distribution of information. But as a contradiction, content containing educational messages is also available. Liah Yoo is a beauty influencer who, through videos on her YouTube channel, delivers beauty education messages, more specifically, beauty education messages about sunscreen.

This study aims to analyze what ways Liah Yoo uses in delivering beauty education messages about sunscreen through her videos. Using a qualitative content analysis method, two selected Liah Yoo's videos were then studied to find indicators of each element of the educational message. 

The results show that Liah Yoo conveys beauty education message in various ways and forms that not only embody the beauty education message itself, but also indicate the existence of health communication practices to science communication. The dominant elements that appear in two Liah Yoo's videos are scientific explanations, opinions or comments, persuasive messages, and text snippets. These can create awareness and understanding, influence, and even lead to the progress of action and contribution to the culture of beauty as well as good skin health for the audience. 


Kata Kunci : pesan edukasi, kecantikan, sunscreen, influencer, video, media sosial, analisis isi, kualitatif

  1. S1-2023-413175-abstract.pdf  
  2. S1-2023-413175-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-413175-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-413175-title.pdf