Laporkan Masalah

Hubungan Burnout Akademik dengan Ketidakjujuran Akademik Mahasiswa

Anisa, Mutiara T P L Kusuma, Ph.D; Siti Helmyati, DCN, M.Kes

2023 | Skripsi | GIZI KESEHATAN

Latar belakang: Banyak penelitian mencatat tingginya kasus burnout akademik pada mahasiswa. Salah satu akibat dari burnout adalah penurunan moral sebagai bentuk adaptasi yang salah. Hal ini akan mendorong mahasiswa untuk memilih cara yang cepat dan mudah untuk mempertahankan hasil akademiknya sehingga mahasiswa memiliki kecenderungan untuk melakukan ketidakjujuran akademik. Tujuan: Mengetahui hubungan burnout akademik dengan ketidakjujuran akademik mahasiswa Program Studi S1 Gizi Kesehatan FK-KMK UGM. Metode: Penelitian ini merupakan studi cross-sectional. Pengambilan data dilakukan pada mahasiswa Program Studi S1 Gizi Kesehatan FK-KMK UGM dengan teknik consecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Academic Dishonesty Scale, Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS), Kuesioner Sikap dan Pengetahuan terhadap Prinsip Integritas Akademik, dan General Self-Efficacy Survey (GSES). Data dianalisis menggunakan uji korelasi spearman dan regresi logistik. Hasil: Sebanyak 80 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa burnout akademik berpengaruh signifikan terhadap ketidakjujuran akademik mahasiswa (p-value<0 r=0,44).>Kesimpulan: Terdapat hubungan antara burnout akademik dan ketidakjujuran akademik pada mahasiswa Program Studi S1 Gizi Kesehatan FK-KMK UGM.

Background: Studies have recorded high prevalence of burnout academic among students. Burnout has negatively affect in a way to lower students’ moral as a maladaptive coping strategy. This would encourage students to choose easiest and fastest way to maintain their academic result so that students would tend to do academic dishonesty. Objective: To determine the relationship between academic burnout and academic dishonesty among Nutrition and Health undergraduate students of FK-KMK UGM. Method: A cross-sectional study was conducted to Nutrition and Health undergraduate students of FK-KMK UGM selected by consecutive sampling. Academic Dishonesty Scale, Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS), Attitude and Knowledge toward Academic Integrity Questionnaire, and General Self-Efficacy Survey (GSES) were used to collect the primary data. Spearman rho and logistic regression analysis were performed. Result: A total of 80 students were enrolled in the study. The analysis showed that academic burnout significantly influence students’ academic dishonesty (p-value<0>Conclusion: There is a relationship between academic burnout and students’ academic dishonesty of FK-KMK UGM.

Kata Kunci : burnout, ketidakjujuran akademik, kesehatan mental, integritas akademik, mahasiswa gizi kesehatan

  1. S1-2023-423781-abstract.pdf  
  2. S1-2023-423781-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-423781-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-423781-title.pdf