Laporkan Masalah

Pengembangan Fitur Reservasi dan Electronic Medical Record Pasien pada Sistem Informasi Senyumin

Hani Fania Nugroho, Muhammad Fakhrurrifqi, S.Kom., M.Cs.;Divi Galih Prasetyo Putri, S.Kom., M.Kom.,Ph.D.,

2023 | Tugas Akhir | D4 Teknologi Perangkat Lunak

Sistem informasi senyumin merupakan suatu sistem informasi klinik gigi UKGS yang ada pada Puskemas Kebayoran Baru, Jakarta. Sistem ini memiliki 2 tipe user yaitu pengguna internal klinik yang terdiri dari admin, layanan, dan dokter serta pengguna eksternal klinik yang terdiri dari orang tua, wali anak atau pengguna umum yang menjadi pendamping pasien anak. Pada awalnya sistem ini hanya berfokus untuk melakukan skrining gigi pada anak usia dasar di sekolah. Namun setelah melakukan skrining gigi, ternyata beberapa pasien anak memerlukan penanganan atau tindakan lebih lanjut mengenai permasalahan gigi yang dialami. 

Umumnya pengguna eksternal klinik harus mengunjungi klinik untuk melakukan reservasi secara manual untuk menindaklanjuti hasil skrining gigi yang telah dilakukan. Hal tersebut kurang efisien dikarenakan terdapat beberapa kendala seperti waktu tunggu yang lama, harus mengunjungi klinik secara langsung, dan kesulitan untuk mendapatkan janji temu yang sesuai dengan jadwal praktik dokter gigi yang tersedia pada klinik.

Berangkat dari permasalahan tersebut, penulis mengembangkan fitur reservasi online yang dapat memungkinkan pengguna eksternal klinik untuk menindaklanjuti hasil skrining gigi yang telah dilakukan dengan membuat janji temu pemeriksaan gigi oleh dokter secara mudah dan cepat tanpa harus datang langsung ke klinik. Selain itu, data pasien anak yang diinput saat melakukan reservasi online diintegrasikan langsung ke dalam sistem manajemen klinik melalui fitur EMR (Electronic Medical Record) dan digitalisasi diagram keadaan gigi dan mulut (odontogram) yang biasanya dilakukan secara fisik. 

Sistem ini dikembangkan menggunakan framework Laravel dengan HTML, PHP, CSS, dan JavaScript, serta MySQL sebagai basis data. Hasil alpha testing menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem telah berfungsi dengan baik. Hasil pengujian beta testing pada pengguna eksternal klinik mendapatkan akumulasi total nilai sebesar 99% yang artinya sangat setuju bahwa fitur reservasi online yang telah dibangun pada sistem informasi senyumin dapat membantu dalam mempermudah proses penjadwalan pemeriksaan gigi anak dan meningkatkan efisiensi waktu serta tempat. Hasil pengujian beta testing pada pengguna internal klinik mendapatkan akumulasi total nilai sebesar 88,8% yang artinya sangat setuju bahwa fitur electronic medical record dapat membantu dalam mengelola pencatatan data pemeriksaan pasien dan telah cukup memenuhi standar kebutuhan klinik gigi.

Senyumin information system is an information system for the UKGS dental clinic at the Kebayoran Baru Community Health Center, Jakarta. This system has 2 types of users, namely internal clinic users consisting of admin, services, and doctors and external clinic users consisting of parents, guardians or general users who accompany pediatric patients. Initially, this system only focuses on conducting dental screenings for elementary-age children at school. However, after conducting dental screening, it turns out that some pediatric patients require further treatment or action regarding the dental problems experienced. 

Generally, external users of the clinic must visit the clinic to make reservations manually to follow up on the results of dental screening that has been carried out. This is less efficient because there are several obstacles such as long waiting times, having to visit the clinic directly, and difficulty getting appointments that match the dentist's practice schedule available at the clinic.

Based on this problem, the author developed an online reservation feature that can allow external users of the clinic to follow up on the results of the dental screening that has been carried out by making an appointment for a dental examination by a doctor easily and quickly without having to come directly to the clinic. In addition, pediatric patient data inputted when making online reservations is integrated directly into the clinic's management system through the EMR (Electronic Medical Record) feature and digitization of dental and oral condition diagrams (odontograms) which are usually done physically. 

This system was developed using the Laravel framework with HTML, PHP, CSS, and JavaScript, and MySQL as a database. The alpha testing results show that the system functionality has worked properly. The results of beta testing on external users of the clinic received an accumulated total score of 99%, which means that they agree that the online reservation feature that has been built on the senyumin information system can help in simplifying the process of scheduling pediatric dental examinations and increasing the efficiency of time and place. The results of beta testing on internal users of the clinic received an accumulated total score of 88.8%, which means that they agree that the electronic medical record feature can help in managing patient examination data records and has adequately met the standard needs of dental clinics.

Kata Kunci : Sistem Informasi Klinik Gigi, Web, Electronic Medical Records, Odontogram.

  1. D4-2023-483674-abstract.pdf  
  2. D4-2023-483674-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-483674-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-483674-title.pdf