Analyzing Factors Influencing Customer Trust in BNPL Among Indonesian Consumers
Yudiantoro Wibisono, Aprilia Beta Suandi, Dr., S.E., M.Ec.; Arizona Mustika Rini, SE, M.Bus(Acc)., Ph.D., Ak., CA; Arika Artiningsih, S.E., M.Acc., M.Com., M.Res., Ph.D.
2023 | Skripsi | AKUNTANSI
Layanan BNPL atau paylater di Indonesia telah
berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Pertumbuhan BNPL yang cepat
dapat memunculkan sebuah isu yaitu sejauh mana kepercayaan pelanggan terhadap
layanan tersebut, karena layanan yang terkait dengan pengelolaan keuangan
selalu melibatkan tingkat kehati-hatian yang lebih. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan
pelanggan terhadap layanan BNPL di kalangan konsumen Indonesia. Enam faktor
yang diteliti dalam penelitian ini meliputi: manfaat yang dirasakan,
kredibilitas yang dirasakan, transparansi yang dirasakan, pengaruh eWOM,
self-efficacy dalam penggunaan teknologi, dan persepsi diri terhadap literasi
keuangan. Faktor-faktor ini dikelompokkan ke dalam tiga domain: kepercayaan
pelanggan terhadap penyedia BNPL, sertifikasi pihak ketiga, dan efikasi diri
konsumen. Data dikumpulkan dari 205 responden yang telah menggunakan layanan
BNPL. Analisis data menggunakan model persamaan terstruktur (SEM) untuk menilai
hubungan antara variabel-variabel penjelas dan persepsi kepercayaan konsumen
terhadap layanan BNPL. Model penelitian ini memprediksi 74,4% kepercayaan
konsumen terhadap layanan BNPL, dengan temuan bahwa kredibilitas yang
dirasakan, manfaat yang dirasakan, dan literasi keuangan yang dirasakan
signifikan dalam memengaruhi persepsi kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu,
penelitian ini menyarankan agar penyedia BNPL di Indonesia memfokuskan
perhatian pada area-area ini untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap
layanan mereka. Selain itu, penelitian ini sangat menyarankan agar penelitian
mendatang melibatkan variabel-variabel moderasi tambahan untuk memperoleh
pemahaman yang lebih baik tentang mekanisme kepercayaan terhadap layanan BNPL..
The BNPL service in Indonesia has
grown rapidly in recent years. The rapid growth of BNPL service may raise one
of the major issues of how customers trust their service since service that is
related to money always involves some level of cautionary concern. Therefore,
this research aims to identify antecedents for trust in BNPL service among
Indonesian consumers. Six factors are being examined in this research:
perceived benefits, perceived credibility, perceived transparency, eWOM
influence, self-efficacy in technological use, and perceived financial
literacy. These factors are further grouped into three domains: perceived
trustworthiness of BNPL providers, third-party certification, and consumer
self-efficacy. Data were collected from 205 respondents who have used the BNPL
service. The data analysis utilized structured equation modeling (SEM) to
assess the degree of relationship between the explanatory variables and
consumer trust perceptions of BNPL service. The model of this research predicts
74.4% of consumer trust in BNPL service, with findings that perceived
credibility, perceived benefits, and perceived financial literacy are
significant in affecting customer trust perception. Thus, this research
suggests that BNPL providers in Indonesia focus on these areas to enhance
consumer trust in their service. Furthermore, this research highly recommends
that future studies incorporate additional moderating variables to get a better
view of the mechanism of trust in the BNPL service.
Kata Kunci : Buy now, Pay Later, persepsi kepercayaan konsumen, layanan keuangan, platform digital