Laporkan Masalah

DESAIN TROTOAR DI JALAN KALIURANG GUNA MENINGKATKAN MINAT PEDESTRIAN DALAM BERJALAN KAKI

Sultan Muhammad Azhari, Dr.Eng. Muhammad Zudhy Irawan, S.T., M.T.

2023 | Skripsi | TEKNIK SIPIL

Jalan Kaliurang merupakan jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Pakem dan Depok, di mana kedua kecamatan menjadi kecamatan utama dalam pergerakan ekonomi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada jalan ini, khususnya bagian yang ditinjau pada Km 3,7 hingga Km 5, tersedia trotoar yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai moda mobilitas dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kondisi pada trotoar ini masih terdapat banyak kerusakan dan kondisi eksisting jalan banyak yang tidak memenuhi standar yang berlaku sehingga mengurangi minat masyarakat untuk menggunakannya. Mengingat pentingnya fungsi trotoar bagi khalayak umum untuk beraktivitas, maka diperlukan evaluasi serta perancangan desain trotoar yang nantinya dapat diminati oleh masyarakat.

Perancangan desain sendiri dilakukan dengan  mencari data dengan metode observasi langsung berdasarkan standar yang berlaku sesuai Edaran Menteri PUPR nomor 2  Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tahun 2014. Selain dengan metode observasi langsung, penelitian ini juga menggunakan kuesioner yang dikumpulkan secara daring untuk mengetahui persepsi langsung dari pengguna jalan terkait fasilitas yang ada dan kekurangan pada trotoar yang ada saat ini.

Dari hasil penelitian yang dilakukan terkait fasilitas trotoar dengan memperhatikan dari segi keselamatan, keamanan serta kenyamanan masih tidak sesuai dengan standar yang berlaku dan perlu peningkatan pada beberapa fasilitas. Lima puluh dua persen dari total responden menyatakan bahwa kondisi trotoar masih tidak layak, sehingga menurunkan minat mereka menggunakan fasilitas ini untuk bepergian. Dari hasil perancangan pada trotoar yang berpedoman sesuai Edaran Menteri PUPR Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tahun 2014 penelitian ini menemukan beberapa fasilitas yang perlu ditingkatkan. Fasilitas yang perlu ditingkatkan meliputi guiding block, kanopi, drainase jalan, jalur hijau, penerangan jalan, penambahan hidran kebakaran, tempat duduk, serta perbaikan penempatan dari marka jalan.


Kaliurang Road is the main road connecting Pakem and Depok sub-districts, both of which are the main sub-districts in the economic movement of Yogyakarta Special Region. On this road, especially the reviewed section at Km 3.7 to Km 5, there are sidewalks that can be used by the community as a mode of mobility in daily life. However, there is still a lot of damage to the sidewalks and many of the existing road conditions do not meet the applicable standards, which reduces public interest in using them. Given the importance of the sidewalk function for the general public to move, it is necessary to evaluate and design sidewalk designs that will be of interest to the community.The design itself is carried out by looking for data by direct observation based on the applicable standards according to the 2018 Circular of the Minister of PUPR and the 2014 Regulation of the Minister of Public Works. In addition to direct observation, questionnaires are also used which are collected online to find out the direct perceptions of road users regarding existing facilities and what is lacking in the current sidewalk.

The design itself is carried out by finding data by direct observation method based on the applicable standards according to the Circular of the Minister of PUPR in 2018 and the Regulation of the Minister of Public Works in 2014. In addition to the direct observation method, this research also uses questionnaires collected online to find out direct perceptions from road users regarding existing facilities and deficiencies in existing sidewalks.

From the results of research conducted related to sidewalk facilities with regard to safety, security and comfort, it is still not in accordance with applicable standards and needs improvement in several facilities. Fifty-two percent of the total respondents stated that the condition of the sidewalks was still inappropriate, thus reducing their interest in using this facility to travel. From the results of the design on sidewalks that are guided according to the 2018 PUPR Ministerial Circular and the 2014 Minister of Public Works Regulation, this study found several facilities that need to be improved. Facilities that need to be improved include guiding blocks, canopies, road drainage, green lanes, street lighting, additional fire hydrants, seating, and improved placement of road markings.


Kata Kunci : Trotoar, Pejalan Kaki, Lingkungan, Fasilitas Jalan

  1. S1-2023-446761-abstract.pdf  
  2. S1-2023-446761-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-446761-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-446761-title.pdf