ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SIMRS SAHABAT DI RSUD PRAMBANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
YUNNITHA DWI LESTARRI SUKAMTA, Angga Eko Pramono, S.K.M., M.P.H
2023 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN
Latar Belakang : Penggunaan Teknologi Informasi (TI) semakin meluas dan berkembang. Dalam bidang kesehatan sendiri, penggunaan teknologi informasi telah diatur dalam Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Undang-undang tersebut berisi tentang dalam menyelenggarakan upaya kesehatan yang efektif dan efisien diperlukan informasi kesehatan yang dilakukan melalui sistem informasi dan lintas sektor. Perkembangan teknologi informasi tersebut sudah mulai diperkenalkan kepada seluruh masyarakat sehingga mendorong terciptanya kesehatan elektronik (e-health). Salah satu teknologi yang dikembangkan di Indonesia yaitu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Sahabat yang dibuat dan dikembangkan oleh CV Sahabat. Dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen tersebut belum pernah dilakukan analisis bagaimana kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Sahabat.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan pengguna pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Sahabat dan apa saja faktor dari End-User Computing Satisfaction (EUCS) yang mempengaruhi kepuasan pengguna.
Metode Penelitian : Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei serta observasi dan rancangan penelitian yaitu cross-sectional. Sample responden berjumlah 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis SEM-PLS dengan model EUCS menggunakan software SmartPLS.
Hasil : Model pengukuran memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Kualitas sistem (system quality) secara positif mempengaruhi Kepuasan pengguna akhir (overall satisfaction). Kualitas sistem (system quality) secara positif mempengaruhi kualitas informasi (information quality). Kualitas Informasi (information quality) secara negative mempengaruhi Kepuasan pengguna akhir (overall satisfaction).
Support insourcing secara positif mempengaruhi kepuasan pengguna akhir (overall satisfaction). Support insourcing secara positif mempengaruhi kualitas sistem (system quality).
Background : The use of information technology (IT) is growing and expanding. In the field of health, the use of information technology has been regulated in the Law Number 30 years of 2009 on health. The law contains about in organizing effective and efficient health efforts necessary health information carried out through information systems and cross-sector. The development of this information technology has begun to be introduced to the whole society so that it encourages the creation of electronic health. One of the technologies developed in Indonesia is Hospital Management Information System (SIMRS) Sahabat, this system is created and developed by CV Sahabat. In the development of the Management Information System, there has never been an analysis of how the user satisfaction of the Hospital Information Management System (SIMRS) Sahabat.
Objective : The aim of this study is to analyze user satisfaction on Hospital Management Information System (SIMRS) Sahabat and what factors of End-User Computing Satisfaction (EUCS) affect user content satisfaction.
Methods : This study was a quantitative research with survey method and cross- sectional design. The samples included 60 respondents. The data were analyzed by SEM-PLS and EUCS using SmartPLS.
Results : The measurement model meet validity and reliability test. System quality has a positive impact on end user satisfaction (overall satisfaction). System quality positively affects the information quality. Information quality negatively affects end user satisfaction (overall satisfaction). Support insourcing positively affects end user satisfaction (overall satisfaction). Support insourcing positively affects the system quality.
Kata Kunci : Kepuasan pengguna, EUCS, SIMRS, Rumah Sakit