Laporkan Masalah

Peran Kontrol Diri terhadap Perilaku Pembelian Impulsif di Livestream Commerce

ALVIN AHNAF DANENDRA, Isaac Jogues Kiyok Sito Meiyanto Drs., Ph.D., Psikolog

2023 | Skripsi | PSIKOLOGI

Munculnya livestream commerce yang menekankan interaktivitas antara konsumen dan penjual sebagai inovasi berbelanja secara daring membuat konsumen dihadapkan dengan berbagai stimulus yang dapat mendorong terjadinya perilaku pembelian impulsif. Kendati demikian, pembelian impulsif dapat dikurangi, bahkan dihindari dengan adanya kontrol diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kontrol diri terhadap perilaku pembelian impulsif di livestream commerce. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 215 partisipan yang merupakan konsumen di livestream commerce, berusia 18-26 tahun, dan berdomisili di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan Skala Pembelian Impulsif yang dikembangkan oleh Rook dan Fisher (1995) dan Skala Kontrol DIri yang dikembangkan oleh Tangney dkk. (2004) sebagai alat ukur penelitian. Analisis regresi linear sederhana menghasilkan koefisien sebesar -0,252 (p < 0>livestream commerce. Analisis tambahan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat kecenderungan pembelian impulsif berdasarkan frekuensi pembelian di livestream commerce.

The emergence of livestream commerce as an online shopping innovation that highlights interactivity can lead consumers to face stimulus that promotes impulsive buying. Nevertheless, impulsive buying can be hindered with sufficient self-control. This study aims to examine the role of self-control on impulsive buying in livestream commerce. 215 participants consisted of livestream commerce shoppers aged between 18-26 from DKI Jakarta. This study used quantitative methods and used Impulsive Buying Scale developed by Rook and Fisher (1995) and Self-Control Scale developed by Tangney et al. (2004) as the measuring instrument. The result shows R2 = 0,320 (p < 0>

Kata Kunci : pembelian impulsif, kontrol diri, livestream commerce

  1. S1-2023-442846-abstract.pdf  
  2. S1-2023-442846-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-442846-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-442846-title.pdf