Laporkan Masalah

ANALISIS WILLINGNESS TO PAY UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN WISATA PANTAI PANCER DOOR, KABUPATEN PACITAN

Rahma Fudlola, Dr. Sudrajat, S.Si., M.P.; Dr. Rika Harini, S.Si. M.P.; Dr. Lutfi Muta'ali, S.Si., M.T.

2023 | Skripsi | GEOGRAFI DAN ILMU LINGKUNGAN

ANALISIS WILLINGNESS TO PAY UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN WISATA PANTAI PANCER DOOR,

KABUPATEN PACITAN

 

Oleh Rahma Fudlola

19/438816/GE/08951

 

INTISARI

 

Keberadaan wisata memicu perkembangan ekonomi masyarakat lokal dan meningkatkan pendapatan asli daerah sehingga diperlukan pengembangan wisata yang didasarkan pada karakteristik dan persepsi wisatawan. Karakteristik dan persepsi wisatawan dapat digunakan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai willingness to pay (WTP) atau kesediaan membayar wisatawan terhadap objek wisata. Hal ini diharapkan dapat membantu pengelola objek wisata dalam mengambil kebijakan dan melakukan pengembangan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik wisatawan Pantai Pancer Door; (2) Menganalisis nilai WTP untuk mendukung pengembangan wisata Pantai Pancer Door; (3) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai WTP.

Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Pendekatan yang digunakan adalah dilakukan Contingent Valuation Method (CVM). Contingent Valuation Method (CVM) dilakukan dengan menanyakan nilai atau harga kepada responden terhadap barang yang tidak memiliki nilai pasar. Penelitian ini menggunakan 99 sampel dengan tingkat kesalahan 10% (?=0,1). Pengolahan data primer dilakukan menggunakan Microsoft Excel dan software SmartPLS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan karakteristik sosial ekonominya, Pantai Pancer Door lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan dengan jenis kelamin perempuan, kelompok umur 21-25 tahun, lama pendidikan 12 tahun atau lulus di jenjang SMA/sederajat, berstatus bekerja dengan jenis pekerjaan terbanyak adalah pegawai swasta serta pendapatan di bawah 1 juta rupiah. Berdasarkan karakteristik kunjungan, Pantai Pancer Door lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan dengan tujuan rekreasi, berkunjung bersama keluarga, melakukan kunjungan lebih dari 5 kali dalam setahun, berdomisili di Kabupaten Pacitan, jarak tempat tinggal dengan lokasi wisata antara 0-5 sarana transportasi yang digunakan sepeda motor, biaya rekreasi yang dikeluarkan antara Rp10.001-Rp20.000 serta asal informasi wisata didapatkan dari teman. (2) Rata-rata nilai WTP wisatawan adalah Rp7.121 dan estimasi nilai total WTP objek wisata Pantai Pancer Door dalam sebulan adalah sebesar Rp47.875.909. (3) Faktor yang mempengaruhi WTP adalah karakteristik sosial ekonomi serta persepsi terhadap citra wisata.

 

Kata kunci : Willingness to Pay, Contingent Valuation Method, Wisata Pantai

WILLINGNESS TO PAY ANALYSIS TO SUPPORT TOURISM DEVELOPMENT OF PANCER DOOR BEACH, PACITAN REGENCY

 

By Rahma Fudlola

19/438816/GE/08951

 

ABSTRACT

 

The existence of tourism triggers the economic development of local communities and increases local revenue so that tourism development is needed based on the characteristics and perceptions of tourists. The characteristics and perceptions of tourists can be used to determine the factors that influence the value of willingness to pay (WTP). This is expected to help tourist attraction managers in making policies and conducting tourism development. This research aims to: (1) Identify the characteristics of Pancer Door Beach tourists; (2) Analyze the WTP value to support the development of Pancer Door Beach tourism; (3) Analyze the factors that influence the WTP value.

This research uses primary data from structured interviews using questionnaires. The approach used was the Contingent Valuation Method (CVM). Contingent Valuation Method (CVM) is done by asking respondents for the value or price of goods that do not have market value. This study used 99 samples with an error rate of 10% (?=0.1). Primary data processing was carried out using Microsoft Excel and SmartPLS software.

The results of this study indicate that: (1) Based on socioeconomic characteristics, Pancer Door Beach is visited more by tourists with female gender, age group 21-25 years, 12 years of education or graduated from high school / equivalent, working status with the most types of jobs are private employees and income below 1 million rupiah. Based on the characteristics of the visit, Pancer Door Beach is mostly visited by tourists with recreational purposes, visiting with family, visiting more than 5 times a year, domiciled in Pacitan Regency, the distance between residence and tourist sites between 0-5 means of transportation used motorbikes, recreation costs incurred between IDR 10,001- IDR 20,000 and the origin of tourist information obtained from friends. (2) The average WTP value of tourists is IDR 7,121 and the estimated total WTP value of Pancer Door Beach tourist attraction in a month is IDR 47,875,909. (3) Factors that influence WTP are socioeconomic characteristics and perceptions of destination image.

 

Keywords: Willingness to Pay, Contingent Valuation Method, Beach Tourism

Kata Kunci : Willingness to Pay, Contingent Valuation Method, Wisata Pantai

  1. S1-2023-438816-abstract.pdf  
  2. S1-2023-438816-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-438816-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-438816-title.pdf