ANALISIS WILLINGNESS TO PAY UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN WISATA PANTAI PANCER DOOR, KABUPATEN PACITAN
Rahma Fudlola, Dr. Sudrajat, S.Si., M.P.; Dr. Rika Harini, S.Si. M.P.; Dr. Lutfi Muta'ali, S.Si., M.T.
2023 | Skripsi | GEOGRAFI DAN ILMU LINGKUNGAN
ANALISIS
WILLINGNESS TO PAY UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN WISATA PANTAI PANCER
DOOR,
KABUPATEN
PACITAN
Oleh
Rahma Fudlola
19/438816/GE/08951
Keberadaan wisata memicu
perkembangan ekonomi masyarakat lokal dan meningkatkan pendapatan asli daerah
sehingga diperlukan pengembangan wisata yang didasarkan pada karakteristik dan
persepsi wisatawan. Karakteristik dan persepsi wisatawan dapat digunakan untuk
mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai willingness to pay (WTP) atau
kesediaan membayar wisatawan terhadap objek wisata. Hal ini diharapkan dapat
membantu pengelola objek wisata dalam mengambil kebijakan dan melakukan
pengembangan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik
wisatawan Pantai Pancer Door; (2) Menganalisis nilai WTP untuk mendukung
pengembangan wisata Pantai Pancer Door; (3) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap nilai WTP.
Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Pendekatan yang digunakan adalah dilakukan Contingent Valuation Method (CVM). Contingent Valuation Method (CVM) dilakukan dengan menanyakan nilai atau harga kepada responden terhadap barang yang tidak memiliki nilai pasar. Penelitian ini menggunakan 99 sampel dengan tingkat kesalahan 10% (?=0,1). Pengolahan data primer dilakukan menggunakan Microsoft Excel dan software SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) Berdasarkan karakteristik sosial ekonominya, Pantai Pancer Door lebih
banyak dikunjungi oleh wisatawan dengan jenis kelamin perempuan, kelompok umur
21-25 tahun, lama pendidikan 12 tahun atau lulus di jenjang SMA/sederajat,
berstatus bekerja dengan jenis pekerjaan terbanyak adalah pegawai swasta serta
pendapatan di bawah 1 juta rupiah. Berdasarkan karakteristik kunjungan, Pantai
Pancer Door lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan dengan tujuan rekreasi,
berkunjung bersama keluarga, melakukan kunjungan lebih dari 5 kali dalam
setahun, berdomisili di Kabupaten Pacitan, jarak tempat tinggal dengan lokasi
wisata antara 0-5 sarana transportasi yang digunakan sepeda motor, biaya
rekreasi yang dikeluarkan antara Rp10.001-Rp20.000 serta asal informasi wisata
didapatkan dari teman. (2) Rata-rata nilai WTP wisatawan adalah Rp7.121 dan estimasi nilai
total WTP objek wisata Pantai Pancer Door dalam sebulan adalah sebesar Rp47.875.909. (3) Faktor yang
mempengaruhi WTP adalah karakteristik sosial ekonomi serta persepsi terhadap citra
wisata.
Kata kunci : Willingness to Pay, Contingent Valuation
Method, Wisata Pantai
WILLINGNESS TO PAY ANALYSIS
TO SUPPORT TOURISM DEVELOPMENT OF PANCER DOOR BEACH, PACITAN REGENCY
By
Rahma Fudlola
19/438816/GE/08951
The existence of tourism triggers
the economic development of local communities and increases local revenue so
that tourism development is needed based on the characteristics and perceptions
of tourists. The characteristics and perceptions of tourists can be used to
determine the factors that influence the value of willingness to pay (WTP).
This is expected to help tourist attraction managers in making policies and
conducting tourism development. This research aims to: (1) Identify the
characteristics of Pancer Door Beach tourists; (2) Analyze the WTP value to
support the development of Pancer Door Beach tourism; (3) Analyze the factors
that influence the WTP value.
This research uses primary data
from structured interviews using questionnaires. The approach used was the
Contingent Valuation Method (CVM). Contingent Valuation Method (CVM) is done by
asking respondents for the value or price of goods that do not have market
value. This study used 99 samples with an error rate of 10% (?=0.1). Primary
data processing was carried out using Microsoft Excel and SmartPLS software.
The results of this study indicate
that: (1) Based on socioeconomic characteristics, Pancer Door Beach is visited
more by tourists with female gender, age group 21-25 years, 12 years of
education or graduated from high school / equivalent, working status with the
most types of jobs are private employees and income below 1 million rupiah. Based
on the characteristics of the visit, Pancer Door Beach is mostly visited by
tourists with recreational purposes, visiting with family, visiting more than 5
times a year, domiciled in Pacitan Regency, the distance between residence and
tourist sites between 0-5 means of transportation used motorbikes, recreation
costs incurred between IDR 10,001- IDR 20,000 and the origin of tourist
information obtained from friends. (2) The average WTP value of tourists is IDR
7,121 and the estimated total WTP value of Pancer Door Beach tourist attraction
in a month is IDR 47,875,909. (3) Factors that influence WTP are socioeconomic
characteristics and perceptions of destination image.
Keywords: Willingness to Pay, Contingent Valuation
Method, Beach Tourism
Kata Kunci : Willingness to Pay, Contingent Valuation Method, Wisata Pantai