Analisis Kesalahan Berbahasa Jawa Siswa Kelas VI di Desa Sanggrahan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung
Juwarti, Dr. Sulistyowati, M.Hum.
2023 | Skripsi | SASTRA NUSANTARA
Penelitian
dengan judul “Analisis Kesalahan Berbahasa Jawa Siswa Kelas VI di Desa Sanggrahan,
Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung” ini merupakan penelitian kesalahan
berbahasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan berbahasa dan
mengetahui faktor penyebabnya yang ditinjau melalui kajian sosiolinguistik.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kesalahan
berbahasa melalui aspek fonologi dan morfologi, (2) mendeskripsikan faktor
kesalahan berbahasa pada karangan berbahasa siswa kelas VI di Desa Sanggrahan,
sehingga dapat membantu perbaikan dalam pengajaran penulisan berbahasa Jawa
sesuai kaidah bahasa Jawa yang benar.
Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan objek
karangan berbahasa Jawa sebanyak 72 sampel. Pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan referent dan ortografi, yang
disajikan melalui penyajian formal dan informal.
Hasil
penelitian ini menyimpulkan bahwa pada karangan berbahasa Jawa siswa kelas VI di
Desa Sanggrahan ditemukan adanya kesalahan berbahasa dalam bidang fonologi dan
morfologi. Kesalahan fonologi meliputi (1) kesalahan huruf vokal berjumlah 7
varian, (2) penulisan huruf konsonan berjumlah 12 varian, (3) penambahan huruf
sejumlah 4 varian, (4) penanggalan huruf sejumlah 3 varian, (5) serta
penambahan dan penanggalan huruf sejumlah 1 varian. Kesalahan morfologi yakni
(1) kesalahan kata berafiks meliputi (a) prefiks sejumlah 4 varian, (b) sufiks
sejumlah 5 varian, dan (c) konfiks sejumlah 5 varian, (2) pembentukan kata
ulang sejumlah 3 varian. Kesalahan tersebut disebabkan oleh faktor dependent error melalui interferensi
bahasa, dan faktor independent errors
yaitu strategi belajar, teknik pengajaran, pengaruh B2, usia kedwibahasaan, dan
situasi sosiolinguistik siswa.
Research titled “Analysis
of Javanese Language Error From 6th Grade Students at Sanggrahan
Village, Kranggan Subdistrict, Temanggung Regency” is a research of languages fallacy. This research aimed to
discover errors in language and also the factor behind it by the study of
sociolinguistics. Based on that cases this research is to (1) describe about
errors language by the aspect of phonology and morphology, (2) describe about
the factor of errors language in the recount texts which created by 6th
grade of elementary school at Sanggrahan village, so it can help to improve
writing teaching according to Javanese language principle.
Qualitative and quantitative descriptive approach used in
this research with the object is 72 sample recount texts. Documentation and
interview used as a method to collect the data. Analysis method that used in
this research is referent and orthography, and served into formal and
informal.
Outcome of this research concludes that in the recount
texts of 6th grade students in Sanggrahan village discovered some
errors in language in the fields of phonology and morphology. Phonology error
including (1) there are 7 variants of vocal words (2) 12 variants writing on
consonant words (3) added words 4 variants (4) dismantling words 3 variants (5)
1 variants for added and dismantling words. Morphology error (1) affix error
words including (a) 4 variants of prefix (b) 5 variants of suffix (c) 5
variants of confix, (2) formation of repetitive words, 3 variants. Those errors
are caused by dependent error factor by interference language, and independent
error factor which mean learning strategy, teaching technique, influence
of B2, age of bilingual, and the situation of students in
sociolinguistics.
Kata Kunci : kesalahan berbahasa, fonologi, morfologi, faktor kesalahan berbahasa