Penerapan Strategi Orientasi Pasar Dalam Menunjang Kinerja Perusahaan PT Pegadaian
Aprilia, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Sektor keuangan merupakan salah satu
industri yang memiliki posisi yang strategis bagi kemajuan dalam negara dan
menjadi pilar dalam pertumbuhan ekonomi bangsa, Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
menilai stabilitas sistem keuangan Indonesia tetap terjaga dan hal ini didukung
juga dengan intermediasi lembaga jasa keuangan yang membaik, yang berkontribusi
terhadap pemulihan ekonomi nasional di tengah pelemahan ekonomi dan inflasi
global yang tinggi. PT Pegadaian merupakan salah satu perusahaan yang masuk
dalam industri keuangan non perbankan (IKNB) yang memberikan dividen kepada
negara. Saat ini sedang menghadapi berbagai tantangan baik dilihat dari sisi
eksternal maupun internal yang berdampak pada keuangan perusahaan, sehingga
dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan berorientasi pada pasar untuk
mengatasi kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan
menggambarkan penerapan konsep strategi orientasi pasar dalam kegiatan
operasional PT Pegadaian dalam rangka menjawab peluang, tantangan serta
perubahan kondisi dan dinamika bisnis untuk dapat tetap bertahan dan
memenangkan persaingan.
Hasil penelitian yang berdasarkan analisis
orientasi pasar yang dikemukakan oleh Saleh dkk (2021) menyebutkan bahwa PT
Pegadaian telah melaksanakan dengan cukup baik pada 5 indikator orientasi
pasar, yakni orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi antar fungsi,
inovasi perusahaan dan etika pemasaran. Meskipun begitu, terdapat kelemahan
yang masih perlu diperbaiki pada bagian koordinasi antar fungsi yang menjadi
terhambat karena menjadi anak usaha BRI dan kurangnya kegesitan dalam
memutuskan program. Selain itu, inovasi perusahaan dirasa masih tertinggal jika
dibandingkan dengan pesaingnya yang sudah berkembang lebih jauh pada sektor
digital. Perbaikan dan optimalisasi pada seluruh indikator orientasi pasar jika
dilakukan dengan baik maka dapat meningkatkan kinerja perusahaan melalui
peningkatan daya saing korporasi. Sehingga PT Pegadaian dapat mencapai visi dan
misi perusahaan serta target yang telah ditentukan oleh Kementerian BUMN.
The financial sector is one of the
industries that has a strategic position for progress in the country and is a
pillar in the nation's economic growth, the Financial Services Authority (OJK)
assesses that the stability of the Indonesian financial system is maintained
and this is also supported by improved intermediation of financial service
institutions, which contributed to the recovery of the national economy amidst
the weakening economy and high global inflation. PT Pegadaian is one of the
companies included in the non-banking financial industry (IKNB) which pays
dividends to the state. Currently facing various challenges both externally and
internally which have an impact on the company's finances, so an appropriate
and market-oriented marketing strategy is needed to overcome these conditions.
This study aims to analyze and describe the application of the concept of
market orientation strategy in PT Pegadaian's operational activities in order
to respond to opportunities, challenges, and changes in conditions and business
dynamics in order to survive and win the competition.
The results of the research based on
market orientation analysis put forward by Saleh et al (2021) state that PT
Pegadaian has performed quite well on 5 market orientation indicators, namely
customer orientation, competitor orientation, coordination between functions,
corporate innovation and marketing ethics. Even so, there are weaknesses that
still need to be corrected in the coordination section between functions which
is hampered due to being a subsidiary of BRI and the lack of agility in approving
programs. In addition, it is felt that the company's innovation is still
lagging behind when compared to its competitors who have developed further in
the digital sector. Improvement and optimization of all market orientation
indicators if done well can improve company performance through increasing
corporate competitiveness. So that PT Pegadaian can achieve the company's
vision and mission as well as the targets set by the Ministry of State Owned
Enterprises.
Kata Kunci : PT Pegadaian, Strategi Pemasaran, Orientasi Pasar, Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Koordinasi Antar Fungsi, Inovasi Produk, Etika Pemasaran